Mengintip investasi Qatar saat dimusuhi tetangga

Selasa, 06 Juni 2017 | 09:02 WIB Sumber: money.cnn
Mengintip investasi Qatar saat dimusuhi tetangga


DOHA. Qatar saat ini tengah dimusuhi. Sejumlah negara tetangga memutuskan untuk mengisolasi negara kecil tersebut.

Qatar berada di pusat krisis diplomatik negara-negara Teluk setelah Arab Saudi, Bahrain, Mesir, Yaman, dan Uni Emirat Arab memutuskan hubungan diplomatik pada Senin (5/6).

Indeks saham langsung anjlok lebih dari 7% di Doha. Investor banyak yang mencemaskan kondisi terkini di kawasan Teluk. Namun, ekonomi Qatar disokong oleh portofolio yang beragam dan mencakup banyak hal mulai dari Volkswagen hingga Tiffany & Co.

Nilai dana kelolaan milik pemerintah Qatar yang cukup besar, lebih dari US$ 30 miliar,  telah diinvestasikan ke sejumlah saham dan miliaran dollar lainnya diinvestasikan di aset-aset lain. Dana kelolaan -yang dinamakan The Qatar Investment Authority- didirikan pada 2005 untuk membiakkan uang dari hasil sumber daya negara-negara OPEC.

Mari kita lihat investasi apa saja yang sudah dilakukan Qatar:

- Real Estate

Pada Agustus, dana kelolaan Qatar menembatkan dana senilai US$ 622 juta pada saham Empire State Realty Trust, yang dimiliki dan mengoperasikan the Empire State Building dan properti premium lainnya di New York.

Badan dana ini juga memiliki 8,3% Brookfield Property, yang memegang saham sejumlah real estate premium di seluruh dunia.

Qatar dan keluarga kerajaannya memiliki sejumlah aset di London, termasuk pusat perbelanjaan Harrods, Olympic Village dan the Shard (gedung tertinggi di Eropa Barat). Qatar juga memiliki sebagian distrik finansial di kota London.

- Energi

Dana kelolaan milik pemerintah Qatar merupakan bagian dari kelompok investor yang membeli 61% saham di jaringan pipa gas Inggris dari National Grid.

Pada Desember, Qatar bergabung dengan Grup Glencore untuk membeli 19,5% saham di perusahaan minyak raksasa Rusia Rosneft.

Qatar juga memiliki 4,6% saham di Royal Dutch Shell.

- Investasi terbaik lainnya:

Dana kelolaan Qatar merupakan investor ketiga terbesar di Volkswagen setelah keluarga Porsche dan perusahaan milik pemerintah Jerman Lower Saxony. Qatar mengempit saham senilai US$ 9 miliar di perusahaan otomotif tersebut.

Dana kelolaan Qatar juga menggenggam 13% saham di Tiffany Co yang saat ini bernilai US$ 1,4 miliar. Qatar juga memiliki 9% saham Glencore dan 21% saham Siemens.

Qatar juga diberi penghargaan berupa 6% saham di Barclays setelah menyelamatkan perusahaan saat krisis finansial global melanda. Saat ini, dana kelolaan Qatar juga memiliki 8% saham Credit Suisse.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru