kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menlu Arab Saudi: Tidak ada ruang mediasi dengan Kanada


Rabu, 08 Agustus 2018 / 21:53 WIB
Menlu Arab Saudi: Tidak ada ruang mediasi dengan Kanada


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - RIYADH. Hubungan diplomatik Arab Saudi dengan Kanada semakin meruncing. Pemerintah Arab Saudi menegaskan, tidak ada ruang untuk mediasi dalam perselisihan diplomatik ini.

Kanada sudah tahu apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kesalahannya, yang menurut Arab Saudi, sebagai kesalahan besar.

“Tidak ada yang bisa dimediasi. Kesalahan telah dibuat dan kesalahan harus diperbaiki, ” kata Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Adel al-Jubeir pada konferensi pers di Riyadh seperti dilansir Reuters.

Kerajaan Saudi masih mempertimbangkan langkah-langkah tambahan untuk melawan Kanada, kata Jubeir, tanpa merinci.

Sejauh ini, Arab Saudi sudah membekukan perdagangan dengan Kanada dan mengusir Duta Besar Kanada sebagai pembalasan atas seruan Pemerintah Kanada untuk membebaskan aktivis masyarakat sipil Saudi yang ditangkap.

Saudi juga mengakhiri program pendidikan dan medis di Kanada dan berrencana merelokasi puluhan ribu siswa dan pasien asal Saudi ke negara lain.

Menanggapi pertanyaan tentang alasan penangkapan aktivis, Jubeir mengatakan, alasan penangkapan mereka akan dipublikasikan setelah kasus mereka mencapai pengadilan.

Jubeir menambahkan, perselisihan diplomatik itu tidak mempengaruhi investasi Kanada di Arab Saudi. "Investasi masih berlangsung dan tidak akan terpengaruh," katanya.

Selasa lalu (7/8), Reuters mengutip sumber yang mengetahui masalah ini melaporkan bahwa Kanada berencana mencari bantuan Uni Emirat Arab dan Inggris untuk meredakan perselisihan dengan Arab Saudi.

The Financial Times mengutip sumber anonim melaporkan, Bank Sentral Saudi dan dana pensiun kerajaan tersebut telah menginstruksikan manajer aset mereka di luar negeri untuk membuang portofolio saham ekuitas dan obligasi Kanada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×