kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Sains Malaysia ungkap kabinet PM Muhyiddin telah ajukan pengunduran diri


Senin, 16 Agustus 2021 / 13:19 WIB
Menteri Sains Malaysia ungkap kabinet PM Muhyiddin telah ajukan pengunduran diri
ILUSTRASI. Perdana Menteri Muhyiddin Yassin


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Kabinet Malaysia yang dipimpin oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin telah mengajukan pengunduran diri kepada Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah. Hal ini diungkapkan Menteri sains Khairy Jamaluddin dalam sebuah postingan di akun Instagramnya. 

Pada pagi ini, Perdana Menteri Muhyiddin memang terlihat memasuki istana nasional, setelah laporan bahwa dia akan mengajukan pengunduran dirinya kepada raja beredar sejak akhir pekan lalu. Pengunduran diri Muhyiddin terjadi berbulan-bulan setelah kekacauan politik yang mengakibatkan hilangnya dukungan mayoritas untuk perdana menteri.

Namun, hingga saat ini, Kantor perdana menteri tidak menanggapi permintaan konfirmasi Reuters

Kekuasaan Muhyiddin telah melemah setelah berbulan-bulan pertikaian dalam koalisinya. Jika dikonfirmasi, pengunduran dirinya akan mengakhiri 17 bulan masa jabatannya yang penuh gejolak, tetapi juga dapat menghambat upaya Malaysia untuk memulai kembali ekonomi yang dilanda pandemi dan mengekang kebangkitan kasus Covid-19, karena tidak ada penerus yang jelas.

Kekacauan politik ini juga menyebabkan mata uang ringgit Malaysia sempat jatuh ke level terendah satu tahun dan pasar saham juga tergelincir pada perdagangan hari ini.

Baca Juga: Akhirnya menyerah, PM Malaysia Muhyiddin Yassin dikabarkan mundur pada Senin (16/8)

Tidak segera jelas siapa yang dapat membentuk pemerintahan berikutnya, mengingat tidak ada yang memiliki suara mayoritas yang jelas di parlemen, atau apakah pemilihan dapat diadakan selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Untuk saat ini, infeksi Covid-19 di Malaysia dan tingkat kematian akibat virus tersebut adalah yang tertinggi di Asia Tenggara.

Sejumlah pihak menilai, keputusan mengenai pembentukan pemerintahan b aru kemungkinan akan diserahkan ke tangan Raja Al-Sultan Abdullah, yang memiliki wewenang untuk menunjuk seorang perdana menteri dari antara anggota parlemen terpilih berdasarkan siapa yang menurutnya paling mungkin untuk memimpin suara mayoritas.

Muhyiddin, yang selama berminggu-minggu menentang seruan untuk mundur, telah memberi tahu anggota partai bahwa dia akan mengajukan pengunduran dirinya kepada raja pada hari Senin, menurut Mohd Redzuan Md Yusof, seorang menteri di kantor perdana menteri, yang dilaporkan oleh portal berita Malaysiakini pada Minggu (15/8).




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×