kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyamar sebagai aplikasi Android, malware baru ini mencuri informasi akun Facebook


Selasa, 10 Agustus 2021 / 07:19 WIB
Menyamar sebagai aplikasi Android, malware baru ini mencuri informasi akun Facebook
ILUSTRASI. Menyamar sebagai aplikasi Android, malware baru ini mencuri informasi akun Facebook


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Malware baru ditemukan bisa mencuri informasi akun Facebook penggunanya. Malware bernama FlyTrap ini menyamar sebagai aplikasi Android yang menawarkan hadiah kupon gratis untuk Netflix, Google AdWords, dan lain sebagainya.

Baru-baru ini telah ditemukan sebuah malware baru yang diberi nama FlyTrap. Mengutip dari PCMagsitus Zimperium, perusahaan yang bergerak di bidang keamanan ini menemukan malware tersebut telah tersebar di 144 negara sejak bulan Maret 2021.

Menurut Zimperium, malware ini dapat mencuri informasi akun Facebook penggunanya yang telah terinfeksi. Mirisnya, malware FlyTrap ini ternyata menyamar sebagai aplikasi Android yang menawarkan kupon gratis dan tersedia di Play Store.

Alih-alih memberikan kupon gratis, seperti Netflix dan Google Adwords, aplikasi Android yang disusupi malware ini akan meminta penggunanya login lewat Facebook. Disinilah malware FlyTrap tersebut mulai beraksi.

Informasi akun Facebook yang bakal diambil yaitu Facebook ID, lokasi, alamat email, alamat IP, cookie dan token yang terhubung.

Apabila Anda tidak ingin informasi akun Anda dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, berikut aplikasi Android yang harus Anda hindari. Zimperium telah mengidentifikasi setidaknya ada 9 aplikasi Android yang digunakan sebagai tempat bersembunyi malware FlyTrap, berikut daftarnya.

Baca Juga: Registrasi PUBG: New State Alpha Test tahap kedua dimulai hari ini, berikut linknya

9 Aplikasi Android yang disusupi malware FlyTrap:

Malware FlyTrap yang menyamar lewat aplikasi Android yang menawarkan kupon Netflix

  1. GG Voucher
  2. Vote Erupean Football
  3. GG Coupon Ads
  4. GG Voucher Ads
  5. GG Voucher
  6. Chatfuel
  7. Net Coupon
  8. Net Coupon
  9. EURO 2021 Official

Apabila Anda menemukan aplikasi tersebut di Play Store, jangan sekali-kali download. Namun, apabila Anda sudah terlanjur memasang salah satu aplikasi di atas, segeralah hapus dari HP Android yang Anda gunakan.

Hal ini dilakukan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk informasi akun Facebook Anda yang bakal dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya: Kenalan dengan fitur view once WhatsApp, lengkap dengan cara menggunakannya




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×