kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meta Platform Luncurkan Fitur Edit Video Berbasis AI


Jumat, 17 November 2023 / 23:53 WIB
Meta Platform Luncurkan Fitur Edit Video Berbasis AI
ILUSTRASI. A 3D printed Meta logo is seen in front of displayed Google logo in this illustration taken on November 2, 2021. REUTERS/Dado Ruvic


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Meta Platform terus melakukan inovasi dalam pengembangan layanan berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. 

Teranyar, perusahaan ini telah meluncurkan dua fitur berbasis AI sekaligus pada Kamis (16/11), yakni Emu Video dan Emu Edit. Kedua fitur itu bisa dipakai membuat dan mengedit video untuk diposting ke Instagram atau Facebook.

Fitur Emu Video bisa menghasilkan video berdurasi empat detik dengan keterangan, foto, atau gambar, dipasangkan dengan deskripsi. Sedangkan EMU Edit memungkinkan pengguna lebih mudah mengubah atau mengedit video dengan petunjuk teks.

Dua inovasi baru tersebut  merupakan kemajuan dari model induk Emu yang menghasilkan gambar sebagai respons terhadap perintah teks.

Emu mendasari teknologi AI generatif dan beberapa alat pengeditan gambar AI untuk Instagram yang memungkinkan seseorang mengambil foto dan mengubah gaya visual atau latar belakangnya.

Baca Juga: WhatsApp Channel atau Saluran Meluncur Global, ini 4 Fitur Baru yang Harus Anda Tahu

Dunia usaha dan perusahaan dalam satu tahun terakhir telah berbondong-bondong beralih ke pasar AI generatif yang baru lahir untuk mendapatkan kemampuan yang lebih baru dan menyempurnakan proses bisnis sejak peluncuran ChatGPT OpenAI pada akhir tahun lalu.

Raksasa media sosial ini telah membuat kemajuan pesat di dunia AI dan telah menjadi salah satu titik fokus paling signifikan dalam upayanya bersaing dengan raksasa lain seperti Microsoft, Google milik Alphabet, dan Amazon.

Sebelumnya, Meta dikabarkan akan mengembangakn sistem chatbot berbasis AI untuk menyaingi ChatGPT. Proyek chatbot tersebut ditargetkan selesai tahun 2023.

Chatbot terbaru ini digadang-gadang lebih canggih dibandingkan dengan versi komersialnya yang dikenal dengan sebutan Llama 2, model bahasa AI open source yang diluncurkan pada bulan Juli lalu. 




TERBARU

[X]
×