kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Miliarder China yang sukses mengembangkan chip untuk bitcoin (1)


Kamis, 08 Agustus 2019 / 11:00 WIB
Miliarder China yang sukses mengembangkan chip untuk bitcoin (1)

Reporter: Agustinus Respati | Editor: Tri Adi

Micree Zhan sukses menjadi miliarder dari tren uang kripto. Ia berhasil mengembangkan chip yang digunakan untuk menambang bitcoin. Bitmain perusahaan yang didirikan bersama rekannya banyak menguasai peredaran chip untuk penambangan uang kripto. Menurut Forbes, kekayaannya mencapai US$ 5,1 miliar. Pria kelahiran tahun 1979 ini juga menduduki peringkat ke-72 orang terkaya di China. Zhan juga sukses membuat perusahaan penambang bitcoin.

Cryptocurrency membuat banyak orang kaya mendadak. Ada yang kaya karena melakukan investasi, ada yang juga menggeluti bisnis uang kripto ini.

Salah satu yang kecipratan berkah dari uang kripto adalah Micree Zhan. Bersama rekannya, Jihan Wu, Zhan mendirikan perusahaan penambang bitcoin terbesar bernama Bitmain.

Forbes mencatat kekayaan Zhan senilai US$ 5,2 miliar. Nilai itu mengantarkan Zhan menempati peringkat ke-72 orang terkaya di China versi Forbes.

Perusahaan milik Zhan merupakan salah satu raksasa penambang bitcoin di China. Sejak 2013, mereka telah mengembangkan diri menjadi salah satu pengembang teknologi tambang bitcoin.

Bitmain dikenal sebagai pengembang chip sirkuit khusus aplikasi yang berguna untuk proses tambang bitcoin. Zhan melalui Bitmain telah mengirim miliaran chip dari area penambangan blockchain.

Angka ini ditengarai merupakan 75% dari angka yang tersebar secara global. Sejak itu, Bitmain dikenal sebagai salah satu perusahaan dunia yang mampu mengembangkan chip Artificial Intelegent (AI) berbasis cloud.

Tidak sampai di situ saja, karya Zan yang berupa chip AI ini sangat bermanfaat bagi banyak aplikasi. Beberapa manfaat dari chip AI hasil kembangan Bitmain antara lain untuk system pengenalan wajah, mobil swakemudi, smart city, serta digunakan pada sistem keamanan dan layanan kesehatan yang canggih.

Selain itu, Zhan merambah jasa lain. Bitmain mengoperasikan dua kolam tambang raksasa untuk bitcoin. Dua tambang itu bernama BTC.com dan Antpool. Lewat usahanya ini, Bitmain menjadi salah satu perusahaan pengembang paling sukses di dunia.




TERBARU

×