kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,28   -14,21   -1.54%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Miliarder produsen farmasi ternama asal tanah Hindustan (1)


Selasa, 18 September 2018 / 14:06 WIB
Miliarder produsen farmasi ternama asal tanah Hindustan (1)
ILUSTRASI. Taj Mahal di India


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tri Adi

India sebagai negara dengan penduduk yang besar menjadi ladang bisnis yang potensial bagi pengusaha. Salah satu pengusaha domestik yang mencecap kesuksesan berbisnis adalah Ramesh Juneja. Lewat bendera Mankind Pharma Limited, ia membangun perusahaan farmasi yang pertumbuhannya paling cepat di India. Sejak berdiri tahun 1995, Mankind telah beroperasi di 22 negara di dunia. Kini kekayaan Juneja mencapai US$ 1,8 miliar versi Majalah Forbes.

Selalu ada pelajaran yang bisa dipetik dari sebuah kisah kesuksesan seseorang. Termasuk dari Ramesh Juneja, Chief Executive Officer (CEO) Mankind Pharma Limited, yang mengajarkan soal semangat belajar dalam meniti karier. Perjuangannya tak sia-sia, kini ia bisa menjadi salah satu orang terkaya di sektor usaha yang terbilang ketat di negara asalnya, India.

Ramesh yang kini menjadi salah satu miliarder India berdasarkan Majalah Forbes, memiliki kekayaan pribadi sekitar US$ 1,8 miliar. Kekayaan sebesar itu ia dapatkan dari bisnis farmasi Mankind Pharma yang ia dirikan bersama adiknya, Rajeev Juneja di New Delhi. Padahal persaingan bisnis farmasi di India amatlah ketat.

Ramesh bukanlah lulusan ilmu farmasi atau kedokteran. Namun ia menghabiskan puluhan tahun menjadi tenaga pemasar bagi sejumlah perusahaan farmasi. Dengan bekal pengalaman itu, ia berhasil membawa Mankind Pharma menjadi salah satu perusahaan obat-obatan dengan pertumbuhan paling cepat di negeri Bollywood.

Sejak berdiri pada tahun 1995, kini Mankind Pharma telah beroperasi di 22 negara di seluruh dunia. Perusahaan tersebut didukung oleh lebih dari 14.000 pekerja. Sementara pendapatannya telah mendekati Rs 50 miliar.

Dalam lima tahun ke belakang, perkembangan bisnis grup Mankind Pharma terbilang tinggi untuk sektor farmasi India. Rata-rata pertumbuhannya mencapai 18,1% dalam lima tahun terakhir. Sementara rata-rata pertumbuhan laba bersih lebih mengesankan, mencapai 23,4%.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×