kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Miliarder Ukraina Akan Tuntut Rusia, Pabrik Baja Hancur Diserang Rusia


Minggu, 29 Mei 2022 / 11:45 WIB
Miliarder Ukraina Akan Tuntut Rusia, Pabrik Baja Hancur Diserang Rusia


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - KYIV. Orang terkaya Ukraina mengatakan, dirinya berencana untuk menuntut Rusia atas kerugian yang dialaminya senilai US$ 17 miliar hingga US$ 20 miliar tau setara dengan Rp 292,2 triliun (kurs Rp 14.600). Kerugian itu dia alami akibat aksi pemboman pabrik baja miliknya di kota Mariupol yang hancur.

Melansir Reuters, pabrik baja Azovstal mengalami kerusakan parah akibat pemboman dan penembakan Rusia setelah pabrik yang luas itu menjadi benteng pertahanan terakhir di kota pelabuhan selatan. 

Pabrik Baja dan Besi Illich, yang juga dimiliki oleh Rinat Akhmetov, juga rusak parah selama penembakan Rusia di Mariupol.

Baca Juga: Promo Starbucks bagi Nasabah Debit BCA

"Kami pasti akan menuntut Rusia dan menuntut kompensasi yang layak untuk semua kerugian dan bisnis yang hilang," Akhmetov, yang memiliki produsen baja terbesar Ukraina Metinvest, mengatakan kepada portal berita Ukraina mrpl.city dalam sebuah wawancara.

Saat ditanya berapa banyak uang yang hilang Metinvest karena kerusakan Azovstal dan Illich, dia berkata: "Biaya penggantian ... karena agresi Rusia adalah dari US$ 17 hingga US$ 20 miliar. Jumlah akhir akan ditentukan dalam gugatan terhadap Rusia."

Baca Juga: Gunakan Meriam Howitzer dari NATO, Ukraina Gempur Pangkalan Militer Rusia

Miliarder Akhmetov telah melihat kerajaan bisnisnya hancur sebelum perang oleh delapan tahun pertempuran di timur Ukraina setelah separatis pro-Rusia mengambil alih petak-petak wilayah di sana.

Sejak invasi Rusia pada 24 Februari, Metinvest telah mengumumkan tidak dapat memberikan kontrak pasokannya. Sementara Grup SCM keuangan dan industri Akhmetov melayani kewajiban utangnya, produsen listrik swastanya DTEK telah merestrukturisasi portofolio utangnya, katanya.

Akhmetov mengatakan dia tetap di Ukraina sejak perang dengan Rusia dimulai. 

"Kami percaya pada negara kami dan percaya pada kemenangan kami," tegasnya.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×