CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Minat Investor Beli Klub Sepakbola Eropa Masih Tinggi


Jumat, 22 April 2022 / 18:49 WIB
Minat Investor Beli Klub Sepakbola Eropa Masih Tinggi
ILUSTRASI. Soccer Football - Serie A - AC Milan v Spezia - San Siro, Milan, Italy REUTERS/Daniele Mascolo


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - LYON. Minat investor untuk masuk ke industri sepak bola tampaknya masih cukup besar. Beberapa klub besar eropa dikabarkan tengah bernegosiasi dengan calon investor baru.

Yang terbaru, ada Olympique Lyonnais, tim sepak bola Ligue 1 Prancis, yang kabarnya telah menerima setidaknya enam tawaran untuk masuk menjadi pemegang sahamnya.

Gabungan pelamar Amerika dan Eropa telah mengajukan penawaran untuk saham utama pemilik klub OL Groupe SA, yang dijual oleh Pathe SAS dan perusahaan investasi IDG Capital. Lebih banyak proposal diharapkan akan diterima dalam beberapa hari mendatang.

Berdasarkan situs perusahaan, Pathe dan IDG memiliki sekitar 39% dari modal saham OL Groupe.

Saham OL Groupe melonjak 7,3%, memperpanjang kenaikan hari sebelumnya. Kenaikan tersebut membuat kapitalisasi pasarnya menjadi  € 132 juta atau setara US$ 142 juta. 

Baca Juga: Legenda Real Madrid, Michel Salgado ke JIS dan Sebut Indonesia Siap Gelar Piala Dunia

OL Groupe mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa mereka mengetahui ekspresi minat dari beberapa investor untuk membeli Pathe dan IDG. Namun, klub memastikan belum ada kesepakataan apapun saat ini.

“Ada peluang pertumbuhan terbesar dalam sepak bola Eropa sekarang di Prancis. Liga Prancis dan timnya terlihat jauh lebih menarik dan layak secara komersial,” kata Adam Sommerfeld, yang memberi nasihat tentang kesepakatan olahraga sebagai mitra pengelola di Certus Capital Partners yang berbasis di London, dikutip dari Bloomberg, Jumat (22/4).

Calon pembeli Lyon kabarnya akan memulai pertemuan dengan manajemen minggu depan, Setiap penawar yang berhasil dapat meluncurkan penawaran tender kepada pemegang saham OL Groupe lainnya untuk mencapai saham mayoritas di klub. 

“Kendaraan investasi keluarga Ketua Jean-Michel Aulas berencana untuk mempertahankan 28% sahamnya di perusahaan,” kata sumber Bloomberg.

Sebelumnya, klub Seri A Italia, AC Milan pun disebut-sebut sedang dalam pembicaraan eksklusif dengan  Investcorp. Kabarnya, perusahaan investasi asal Timur Tengah akan membeli AC Milan dengan nilai mencapai € 1,1 miliar atau sekitar Rp 15,5 triliun.

Sejak mengambil alih Investcorp pada tahun 2015, Executive Chairman Mohammed Alardhihas telah meluncurkan strategi pertumbuhan untuk melipatgandakan aset yang dikelola perusahaan. Investcorp sendiri tercatat memiliki sejumlah investasi di Italia termasuk di Gucci, Riva dan Dainese.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×