kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minta peninjauan stimulus dipercepat, Joe Biden: Ini adalah keharusan ekonomi


Sabtu, 23 Januari 2021 / 06:10 WIB
Minta peninjauan stimulus dipercepat, Joe Biden: Ini adalah keharusan ekonomi


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Jumat (22/1) memerintahkan penerbitan peninjauan stimulus pandemi yang lebih cepat kepada keluarga yang membutuhkan dan meningkatkan bantuan makanan untuk anak-anak yang biasanya bergantung pada makanan sekolah. Upaya ini dilakukan untuk meringankan beban orang Amerika, sementara Kongres menegosiasikan usulan paket stimulus ekonomi sebesar US$ 1,9 triliun.

Mengutip Reuters, Sabtu (23/1), pada hari-hari awal pemerintahannya, Biden menekankan bahwa pemerintah harus menangani krisis virus corona dengan mendesak.

Lebih dari 400.000 orang Amerika meninggal karena virus dan jutaan pekerjaan telah hilang.

"Ini bukan hanya untuk memenuhi kewajiban moral," kata Biden dalam sambutannya di acara Gedung Putih untuk menandatangani dua perintah eksekutif. 

"Ini adalah keharusan ekonomi."

Baca Juga: Gerak cepat, ini yang dilakukan Joe Biden untuk menumpas Cpvid-19

Biden mengatakan paket stimulusnya untuk mengatasi efek ekonomi dari pandemi mendapat dukungan dari pebisnis, tenaga kerja, Wall Street dan Main Street.

"Banyak orang Amerika yang terluka. Virusnya melonjak... Keluarga-keluarga kelaparan. Orang-orang berisiko diusir. Kehilangan pekerjaan meningkat lagi. Kami perlu bertindak. Tidak peduli bagaimana Anda melihatnya, kami perlu untuk bertindak, "kata Biden.

Anggota parlemen Republik telah mempertanyakan jumlah bantuan pandemi dan proposal investasi terpisah untuk infrastruktur, proyek energi hijau, pendidikan dan penelitian.

Sebelumnya pada hari Jumat, direktur Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih Brian Deese mengatakan dia akan berbicara dengan anggota parlemen pada hari Minggu untuk mendorong bantuan.

"Kami berada pada saat genting untuk virus dan ekonomi. Tanpa tindakan tegas, kami berisiko jatuh ke dalam lubang ekonomi yang sangat serius, bahkan lebih serius daripada krisis yang kami hadapi," kata Deese.

Tindakan Biden bukanlah pengganti bantuan legislatif, kata Deese, dengan sekitar 16 juta orang sekarang menerima semacam tunjangan pengangguran dan diperkirakan 29 juta orang tidak memiliki cukup makanan.

Pilar utama dari rencana Biden adalah sangat meningkatkan jumlah orang yang divaksinasi virus corona. Pada bulan Desember, Biden menetapkan target 100 juta vaksinasi dalam 100 hari pertamanya menjabat dan pada hari Jumat dia berbicara kemungkinan untuk melebihi jumlah itu.

"Kami, tidak hanya melakukan 100 juta, kami akan melakukan lebih dari itu," katanya.

Pusat Pengendalian Penyakit AS mengatakan telah memberikan 19,1 juta dosis vaksin pada hari Jumat.

Wanita, minoritas dan pekerja layanan berpenghasilan rendah telah terluka secara tidak proporsional, dengan pekerja kulit hitam dan Hispanik menghadapi tingkat pengangguran yang lebih tinggi daripada pekerja kulit putih.

Baca Juga: Pemerintahan Biden berharap bisa perpanjang kesepakatan nuklir dengan Rusia

Dalam tes awal apakah Partai Republik dapat mendukung rencana Demokrat Biden untuk bantuan virus corona, investasi infrastruktur dan kenaikan pajak, Komite Keuangan Senat AS memberikan suara dengan suara bulat pada hari Jumat untuk menyetujui Janet Yellen, pilihan Biden untuk Menteri Keuangan, membuka jalan untuk konfirmasinya oleh ruang penuh.

Harapan Biden untuk tindakan cepat dalam agenda legislatif dan penunjukan Kabinet diperumit oleh persidangan Trump di Senat yang diperkirakan dimulai pada awal minggu depan dan perselisihan bipartisan mengenai operasi di Senat yang terbagi rata.

Dalam perintah eksekutif pada hari Jumat, Biden meminta Departemen Keuangan untuk mempertimbangkan mengambil langkah-langkah untuk memperluas dan meningkatkan pengiriman cek stimulus, seperti dengan membuat alat online untuk mengklaim pembayaran.

Biden juga mengatakan bahwa di bawah perintah eksekutifnya dia mengharapkan Departemen Tenaga Kerja "untuk menjamin hak untuk menolak pekerjaan yang akan membahayakan kesehatan Anda, dan jika Anda melakukannya, Anda masih dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan asuransi (pengangguran)."

Tunjangan pengangguran sebagian besar dikelola oleh negara bagian, yang menetapkan persyaratan kelayakan mereka sendiri, dan tidak jelas bagaimana agen federal akan menerapkan arahan ini.

Biden juga meminta Departemen Pertanian mempertimbangkan untuk mengeluarkan pedoman baru untuk meningkatkan bantuan yang diberikan kepada keluarga yang biasanya bergantung pada sekolah untuk menyediakan makanan utama sehari-hari bagi anak-anak mereka. 

Lewat bantuan ini keluarga dengan tiga anak bisa mendapat lebih dari US$ 100 dukungan tambahan setiap dua bulan.

Selanjutnya: Joe Biden: Jumlah kematian di AS karena corona bisa lampaui 500.000 orang bulan depan




TERBARU

[X]
×