kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Moody's pangkas peringkat utang Turki, ini alasannya


Senin, 20 Agustus 2018 / 10:42 WIB
Moody's pangkas peringkat utang Turki, ini alasannya
ILUSTRASI. Uang Lira Turki


Reporter: Grace Olivia | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga pemeringkat internasional Moody's Investors Service telah menurunkan rating pemerintah Turki sebagai penerbit utang jangka panjang menjadi Ba3, dari sebelumnya Ba2. Berdasarkan hasil tinjauan yang dilakukan sejak 1 Juni lalu, Moody's juga mengubah outlook peringkat menjadi negatif terhadap Turki.

Tak hanya itu, Moody's juga memangkas rating obligasi senior tanpa jaminan menjadi Ba3 dan peringkat shelf senior tanpa jaminan menjadi (P) Ba3. Secara bersamaan, Moody's menurunkan peringkat obligasi senior tanpa jaminan dari Hazine Mustesarligi Varlik Kiralama AS, yang merupakan instrumen khusus milik Departemen Keuangan Turki untuk menerbitkan setifikat sewa sukuk selama ini. Peringkat diturunkan dari Ba2 menjadi Ba3 dan outlooknya berubah menjadi negatif.

Dalam keterangan resminya, Moody's menyampaikan, pendorong utama penurunan peringkat ini ialah kondisi institusi publik Turki yang semakin melemah dan arah kebijakan publik yang kian sulit diprediksi. Di antaranya, kekhawatiran yang meningkat terhadap independensi Bank Sentral Turki, serta kurangnya rencana yang jelas dan kredibel untuk menghadapi tekanan keuangan belakangan ini, meskipun pemerintah sudah membuat pernyataan terkait rencana tersebut.

"Kondisi keuangan yang makin mengetat dan nilai tukar yang terus melemah, berimbas pada risiko pendanaan eksternal yang makin meningkat sehingga kemungkinan akan memicu inflasi lebih lanjut dan melemahkan pertumbuhan, serta risiko krisis neraca pembayaran pun terus meningkat," terang Moody's.

Selain itu, Moody's juga menurunkan batas atas peringkat jangka panjang untuk Turki, yaitu batas atas peringkat untuk obligasi mata uang asing menjadi Ba2 dari Baa3, deposit valuta asingnya menjadi B1 dari Ba3, dan obligasi mata uang lokal dan deposit menjadi Ba1 dari Baa2.

Batas atas peringkat obligasi mata uang asing jangka pendek juga diturunkan ke Not Prime (NP) dari Prime-3 (P-3) dan batas atas deposit valuta asing jangka pendek tetap tidak berubah di Not Prime (NP). Batas atas peringkat ini umumnya bertindak sebagai peringkat maksimum yang dapat ditetapkan untuk penerbit utang domestik di Turki. Keputusan untuk mempersempit batas atas peringkat dan peringkat obligasi pemerintah berdasarkan pandangan Moody's yang sama tentang melemahnya kekuatan institusional publik Turki.

Seperti yang telah diketahui, Lira Turki mengalami depresiasi tajam hampir 40% nilainya terhadap dolar AS sejak awal tahun ini. Inflasi harga konsumen telah mencapai 15,85% pada bulan Juli, naik lebih dari lima poin persentase sejak awal tahun dan merupakan tingkat inflasi tertinggi sejak Desember 2003.

Kondisi pendanaan domestik kian memburuk dengan imbal hasil obligasi pada surat berharga pemerintah mencapai di atas 20% pada pertengahan Agustus. Sementara, bank Turki sejauh ini berhasil mempertahankan akses ke pasar internasional antar bank untuk pendanaan, namun kondisi pengetatan pembiayaan dan melemahnya Lira akan memperbesar tekanan pada peminjam domestik dengan utang mata uang asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×