kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MUFG Resmi Akuisisi Mandala Multifinance Seharga Rp 7 Triliun


Senin, 26 Juni 2023 / 13:05 WIB
MUFG Resmi Akuisisi Mandala Multifinance Seharga Rp 7 Triliun
ILUSTRASI. Bendera nasional Jepang terlihat di belakang logo Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (MUFG) di cabang banknya di Tokyo, Jepang 5 September 2017. REUTERS/Kim Kyung-Hoon


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Mandala Multifinance- JAKARTA. Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) pada hari Senin (26/6) mengatakan hampir selesai melakukan pembelian saham mayoritas perusahaan penyedia pinjaman kendaraan asal Indonesia, Mandala Multifinance.

Melansir Reuters, MUFG membeli Mandala seharga Rp 7 triliun untuk memperkuat kehadirannya di pasar Asia. MUFG berusaha memanfaatkan pertumbuhan konsumsi di pasar negara berkembang.

Akuisisi Mandala akan membantu MUFG memperluas bisnis kredit mobilnya di Indonesia. Selama ini mereka telah hadir di Indonesia melalui Adira Dinamika Multifinance, sebuah unit kredit mobil dari unit perbankan Indonesia MUFG, Bank Danamon.

Dalam kesepakatan akuisisi ini, MUFG Bank akan mengambil 70,6% kepemilikan, sementara Adira  akan memegang 10%. Proses akuisisi diharapkan selasai pada awal 2024.

Baca Juga: MUFG Rajin Akuisisi, Kini Siapkan Rp 7 Triliun Beli Mandala Finance (MFIN)

Kesepakatan itu merupakan langkah lanjutan dari program investasi MUFG senilai US$200 juta di perusahaan fintech Indonesia, Silvrr Technology, atau lebih dikenal sebagai Akulaku.

Sebelum ini MUFG juga mengakuisisi unit perusahaan pembiayaan konsumen Belanda, Home Credit, di Filipina dan Indonesia dengan harga 596 juta euro.

"Indonesia sangat penting karena memiliki produk domestik bruto terbesar di Asia Tenggara, dengan pertumbuhan yang tinggi diharapkan di masa depan," kata MUFG dalam pernyataan resminya.

Baca Juga: 80,6% Sahamnya Diakuisisi MUFG Group, Ini Kata Mandala Finance (MFIN)

Mandala menyediakan kredit kendaraan bermotor untuk sepeda motor baru dan kredit multiguna dengan agunan sepeda motor di pasar domestik. Selama ini keberadaannya cukup kuat di wilayah Indonesia timur.

Perusahaan Jepang dan Asia lainnya semakin tertarik untuk menancapkan kakinya di Asia Tenggara dengan harapan dapat menyedot konsumen dari kelas menengah yang cukup mendominasi kawasan dengan populasi sekitar 690 juta jiwa tersebut.

Pasar keuangan Indonesia sendiri telah berhasil menarik minat merger dan akuisisi (M&A) dalam beberapa tahun terakhir.




TERBARU

[X]
×