Mulai 1 Agustus 2022, Bulan Nampak Berdekatan dengan Planet Merkurius

Senin, 01 Agustus 2022 | 14:27 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mulai 1 Agustus 2022, Bulan Nampak Berdekatan dengan Planet Merkurius

ILUSTRASI. Mulai 1 Agustus 2022, Bulan Nampak Berdekatan dengan Planet Merkurius.

KONTAN.CO.ID - Mulai 1 Agustus 2022, Bulan nampak berdekatan dengan planet Merkurius di atas langit malam.

Usai fase Bulan baru yang terjadi pada 28 Juli lalu, kali ini Bulan sabit yang bercahaya akan berdekatan dengan planet Merkiurius pada awal Agustus.

Melansir Earthsky (1/8/2022), Bulan Sabit awal atau yang dikenal dengan sebutan Waxing Crescent Moon terjadi awal Agustus 2022.

Bulan Sabit awal adalah bagian yang sangat kecil dari sisi kanan Bulan yang terlihat bersinar.

Nah, penampakan Bulan Sabit awal kali ini menariknya berdekatan dengan planet Merkurius. Lalu, bagaimana cara melihat Bulan Sabit awal di langit malam?

Apabila langit di sekitar Anda terlihat cerah dan cakrawala tidak terhalang di bagian barat, Anda dapat mencoba menemukan Bulan sekaligus Merkurius yang berada di dekatnya.

ILUSTRASI: BULAN, FOTO GERHANA BULAN PARSIAL

Bagian yang nampak bersinar dari Bulan Sabit awal akan menunjuk ke Merkurius.

Pada 1 Agustus 2022, Bulan dalam posisi terdekat dengan Merkurius. Seiring berjalannya waktu, cahaya Bulan Sabit akan semakin bertambah pancaran sinarnya.

Hingga 3 Agustus 2022, Bulan akan melewati bintang terang yang bernama Spica di konstelasi Virgo.

Sekedar informasi tambahan, Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan Matahari, dan selalu berada di dekat pusat tata surya kita.

Pada awal Agustus 2022, Merkurius sangat dekat dengan Matahari saat terbenam di langit.

Apakah Anda sempat melihatnya? Kondisi seperti ini dapat terlihat di Bumi belahan selatan. Sebaliknya, di wilayah Bumi belahan utara akan sulit untuk menemukan penampakan tersebut.

Menurut Earthsky, Merkurius akan memiliki penampakan malam yang luar biasa pada bulan Agustus 2022, terutama di wilayah Bumi belahan selatan. 

Sebaliknya, di Bumi belahan utara Merkurius akan memeluk cakrawala senja sepanjang bulan ini.

Bagi Anda yang mungkin tertarik berburu pemandangan langit yang menarik ini, sepertinya akan menjadi tantangan menarik di wilayah Bumi belahan utara.

Penampakan Bulan Sabit awal pada tanggal 1, 2, dan 3 Agustus 2022 terlihat di arah barat tak lama setelah Matahari terbenam.

Editor: Arif Budianto

Terbaru