kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Mulus, perundingan dagang AS-Jepang hampir rampung


Selasa, 17 September 2019 / 08:01 WIB

Mulus, perundingan dagang AS-Jepang hampir rampung
ILUSTRASI. Pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan PM Jepang Shinzo Abe

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden A.S. Donald Trump mengatakan pada hari Senin (16/9) bahwa Amerika Serikat telah mencapai perjanjian perdagangan awal dengan Jepang. 

Kesepakatan perdagangan seputar hambatan tarif dan perdagangan digital itu tidak memerlukan persetujuan kongres.


Dalam sebuah surat kepada Kongres AS yang dirilis oleh Gedung Putih, Trump mengatakan bahwa ia bermaksud segera meneken perjanjian tersebut.

Dia juga mengabarkan kepada parlemen bahwa kesepakatan tarif akan dibuat berdasarkan ketentuan undang-undang perdagangan yang memungkinkan presiden AS melakukan pengurangan tarif timbal balik dengan proklamasi.

"Selain itu, saya juga akan menandatangani Perjanjian Eksekutif dengan Jepang mengenai perdagangan digital," kata Trump dalam surat itu.

Baca Juga: Siap-siap, pelambatan ekonomi China kian dalam

Juru bicara Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer tidak dapat dihubungi Reuters untuk mengomentari surat dan kesepakatan dagang tersebut.

Selama ini ruang lingkup pembicaraan telah menyempit untuk mengecualikan sektor otomotif, yang merupakan sumber sebagian besar defisit perdagangan AS dengan Jepang senilai US$ 67 miliar .

Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada bulan Agustus mengumumkan kesepakatan pada prinsipnya kesepakatan yang mencakup pengurangan tarif pada barang-barang pertanian dan industri, tetapi tidak untuk mobil.

Baca Juga: Progres perang dagang jadi berkah bagi rupiah

Kedua pemimpin mengatakan pada KTT G7 di Prancis bahwa mereka berharap untuk menandatangani perjanjian di Majelis Umum PBB bulan ini di New York.

Selanjutnya: Ekonomi memburuk, China diprediksi bakal melunak dalam negosiasi perang dagang


Sumber : Reuters
Editor: Hasbi Maulana

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×