kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nama Jack Ma tak lagi ada di daftar pemimpin wirausaha versi media Pemerintah China


Selasa, 02 Februari 2021 / 23:40 WIB
Nama Jack Ma tak lagi ada di daftar pemimpin wirausaha versi media Pemerintah China


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, tidak masuk dalam daftar pemimpin wirausaha China yang diterbitkan oleh media pemerintah. Ini menggarisbawahi seberapa jauh dia tidak disukai oleh Beijing.

Pengusaha paling terkenal di China itu tidak ada dalam artikel halaman depan Shanghai Securities News. Sebaliknya, Ren Zhengfei dari Huawei Technologies, Lei Jun dari Xiaomi Corp, dan Wang Chuanfu dari BYD dapat pujian atas kontribusinya.

Mengutip Reuters, artikel tersebut terbit pada Selasa (2/2), ketika Alibaba juga akan melaporkan pendapatan kuartalan terbaru. Raksasa e-commerce itu tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Katalis untuk tekanan atas Ma saat ini adalah pidato 24 Oktober, di mana dia mengecam sistem peraturan China, yang menyebabkan penangguhan IPO Grup Ant senilai US$ 37 miliar hanya beberapa hari sebelum raksasa fintech itu mendaftar.

Baca Juga: Jack Ma hanya muncul 50 detik setelah hampir 3 bulan menghilang, ini pernyataannya

Regulator sejak itu meluncurkan penyelidikan anti-trust ke sektor teknologi, dengan Alibaba mengambil banyak tekanan. Sementara peraturan yang lebih ketat untuk Ant Group juga sedang dipertimbangkan.

Jack Ma kemudian menghilang dari mata publik selama sekitar tiga bulan, memicu spekulasi tentang keberadaannya. Dia muncul kembali bulan lalu lewat penampilan video 50 detik.

Shanghai Securities News mengatakan, sementara beberapa pengusaha pernah berperilaku seperti "pahlawan sembrono" dalam upaya melepaskan diri dari sistem ekonomi lama dan kaku, mereka sekarang memimpin "sekelompok perusahaan yang menghormati aturan pembangunan dan mematuhi aturan pasar".

Selanjutnya: Kemunculan Jack Ma gagal menenangkan kekhawatiran investor!




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×