kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.398.000   -12.000   -0,85%
  • USD/IDR 15.495
  • IDX 7.544   55,62   0,74%
  • KOMPAS100 1.163   9,60   0,83%
  • LQ45 943   8,85   0,95%
  • ISSI 222   1,56   0,71%
  • IDX30 478   4,83   1,02%
  • IDXHIDIV20 577   6,26   1,10%
  • IDX80 132   1,33   1,02%
  • IDXV30 139   2,63   1,93%
  • IDXQ30 160   1,46   0,92%

Negara-negara Indo-Pasifik Berbonodong-Bondong Bergabung ke KTT NATO, Ada Apa?


Rabu, 10 Juli 2024 / 23:54 WIB
Negara-negara Indo-Pasifik Berbonodong-Bondong Bergabung ke KTT NATO, Ada Apa?
ILUSTRASI. ILUSTRASI. Pertemuan Menhan NATO di Brussels Belgia 15 Februari 2024 untuk mempersiapkan KTT Nato di Washinton DC Amerika Serikat Juli mendatang.


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON - Beberapa negara yang jauh dari Eropa maupun Amerika Utara yakni Australia, Jepang, Selandia Baru dan Korea Selatan bergabung dalam pertemuan para pemimpin Aliansi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pekan ini di Washington .

Seperti kita tahu, NATO didirikan untuk membantu kawasan Atlantik Utara untuk melawan ancaman dari Uni Soviet. Lalu apa hubungan antara dan negara-negara di Asia dan Pasifik dengan NATO? 

Siapa saja pemimpin Indo-Pasifik yang akan hadir?

Baca Juga: Korsel: Perdagangan Senjata Korea Utara-Rusia Ancam Perdamaian Dunia

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, Perdana Menteri Selandia Baru Christopher Luxon dan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles diagendakan akan menghadiri pertemuan NATO.

Ini adalah KTT NATO ketiga berturut-turut bagi negara-negara tersebut, yang disebut sebagai Indo-Pacific Four (IP-4). Mereka dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan para pemimpin NATO dan Uni Eropa pada hari Kamis di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa China mungkin akan menyerang Taiwan dan kekhawatiran mengenai peningkatan hubungan keamanan Rusia dengan China dan Korea Utara yang mempunyai senjata nuklir.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah berupaya memperkuat hubungan di Indo-Pasifik, termasuk dengan India. Namun Biden kecewa dengan kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Moskow tepat sebelum pertemuan NATO, yang tidak akan ia hadiri.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga tidak akan hadir pada KTT tersebut, mengingat prioritas penyelesaian politik dalam negeri.

Baca Juga: China dan Rusia Kolaborasi Bikin Drone Serang untuk Menyerang Ukraina

Apa yang melatarbelakangi ketertarikan NATO terhadap kawasan ini?

Sekutu-sekutu AS secara global semakin sepakat dalam menentang perang Rusia di Ukraina, dan kemitraan “tanpa batas” Moskow dengan China, yang membantu membangun kembali militer Rusia.

Pada tahun 2022, anggota NATO untuk pertama kalinya mengidentifikasi China sebagai potensi ancaman. 

Pada KTT NATO tahun 2023 di Vilnius, mereka mengecam China dan Rusia atas “upaya mereka yang saling memperkuat untuk melemahkan tatanan internasional berbasis aturan,” dan memperingatkan tentang “taktik pemaksaan” Beijing untuk memecah belah Aliansi.

Rancangan pernyataan KTT Washington menyebut China sebagai “pendukung yang menentukan” upaya perang Rusia di Ukraina dan mengatakan bahwa Beijing menimbulkan tantangan sistemik terhadap Eropa dan keamanan.

Baca Juga: Ecocare Indo Pasifik (HYGN) Turut Membidik Bisnis Higienitas di IKN

Mereka menekankan pentingnya Indo-Pasifik bagi NATO, dan mengatakan perkembangan di sana berdampak langsung pada keamanan Euro-Atlantik, dan menyambut baik peningkatan kerja sama dengan mitra Asia-Pasifik untuk mendukung Ukraina.

Penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan mengatakan sekutu NATO dan mitra Indo-Pasifik akan meluncurkan empat proyek bersama baru – mengenai Ukraina, kecerdasan buatan, disinformasi, dan keamanan siber.

Namun meskipun pemerintahan Biden mendorong sekutu-sekutu Eropa untuk memberikan lebih banyak perhatian terhadap Indo-Pasifik setelah Biden menjabat pada tahun 2021, pembicaraan dengan negara-negara Indo-Pasifik kali ini kemungkinan akan lebih membahas tentang bagaimana mereka dapat membantu upaya perang Ukraina.

Langkah apa saja yang telah diambil anggota NATO di Indo-Pasifik?

Baca Juga: Mau Ekspansi, Ecocare Indo Pasifik (HYGN) Incar Dana Rp 76,12 Miliar Lewat IPO

Beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan keterlibatan Eropa di Indo-Pasifik, terutama keterlibatan Inggris dengan A.S. dalam proyek AUKUS untuk menyediakan kapal selam bertenaga nuklir ke Australia.

Namun, sebagian besar keterlibatan pertahanan Eropa di Asia bersifat ad hoc dan sederhana, melibatkan patroli atau latihan sesekali oleh pasukan kecil yang berkunjung. Banyak sekutu NATO dan negara-negara Indo-Pasifik tidak ingin melihat aliansi tersebut memperluas kewenangannya di luar wilayah Atlantik Utara.

Proposal untuk mendirikan kantor penghubung NATO di Tokyo, yang membuat China marah, diblokir oleh Prancis tahun lalu.

Bagaimana kelanjutan keterlibatan NATO di kawasan ini?

Beberapa analis berpendapat bahwa anggota NATO di Eropa harus meningkatkan kemampuan mereka untuk menghadapi tantangan keamanan Eropa agar AS dapat fokus pada Asia dan ancaman yang ditimbulkan oleh Tiongkok, termasuk perselisihan mengenai Taiwan, pulau demokratis yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya.

Baca Juga: Ecocare Indo Pasifik (HYGN) Gelar IPO, Cermati Posisi dan Kinerja Keuangannya

Christopher Johnstone, mantan pejabat senior di Dewan Keamanan Nasional pemerintahan Biden, mengatakan kontribusi terbesar yang dapat diberikan Eropa adalah “untuk memastikan bahwa mereka siap memikul beban pencegahan terhadap ancaman Rusia jika terjadi serangan Taiwan atau kemungkinan lain di Indo-Eropa.” -Pasifik."

NATO memuji upaya para anggotanya untuk memenuhi target belanja pertahanan sebesar 2% dari PDB, namun para analis mengatakan bahwa rendahnya belanja selama beberapa dekade telah membuat sebagian besar negara tidak dapat memainkan peran yang berarti di Indo-Pasifik.

“Tidak ada yang benar-benar dapat dilakukan (negara-negara NATO) yang dapat membuat perbedaan material,” dalam konflik Indo-Pasifik, kata Elbridge Colby, mantan pejabat Pentagon di pemerintahan Trump.

Colby mengatakan sebagian besar militer Eropa akan bergantung pada AS untuk logistik dasar. "Sangat mungkin bahwa kontribusi mereka akan menjadi negatif," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
Sustainability Reporting with GRI Standards Practical Business and Social Responsibility berbasis ISO

[X]
×