Neptunus Terlihat Memukau, Gambar Ini Berhasil Ditangkap James Webb Space Telescope

Jumat, 23 September 2022 | 13:58 WIB   Penulis: Arif Budianto
Neptunus Terlihat Memukau, Gambar Ini Berhasil Ditangkap James Webb Space Telescope

ILUSTRASI. Neptunus Terlihat Memukau, Gambar Ini Berhasil Ditangkap James Webb Space Telescope


KONTAN.CO.ID - Planet Neptunus terlihat memukau! Gambar ini berhasil ditangkap oleh James Webb Space Telescope. Planet di Tata Surya yang paling jauh dari Matahari ini terlihat memiliki cincin layaknya Saturnus.

Masih ingat dengan pelajaran di waktu sekolah tentang nama-nama planet yang ada di Tata Surya? Coba, sebutkan planet yang terjauh dari Matahari?

Ya, Neptunus benar sekali. Neptunus adalah planet ke-8 di Tata Surya sekaligus yang jaraknya paling jauh dari Matahari. Selain terjauh, Neptunus juga merupakan planet terbesar keempat berdasarkan diameternya dan terbesar ketiga berdasarkan massa.

Bicara soal Neptunus, ada kabar yang cukup menarik dari planet yang dinamai dewa lautan Romawi ini. 

Dikutip dari Sciencetimes (23/09/2022), potret terbaru Neptunus ini merupakan pertama yang berhasil ditangkap oleh James Webb Space Telescope (JWST) NASA. Penampakan planet mungkin memang sudah biasa, tetapi kali ini potret Neptunus tampak berbeda.

Potret terbaru planet Neptunus terlihat memiliki cincin

Planet yang berwarna biru ini terlihat dikelilingi cincin seperti Saturnus. Asal Anda tahu, ini merupakan potret terbaik dari planet Neptunus yang berhasil ditangkap oleh JWST setelah lebih dari 30 tahun.

Gambar terbaru Neptunus ini juga sekaligus memberikan wawasan baru tentang planet yang dijuluki dengan raksasa es ini.

Baca Juga: Cari Tahu Tentang Ekuinoks, Fenomena Astronomi yang Terjadi Dua Kali Setahun

Melalui akun Twitter resmi NASA Solar System (@NASASolarSystem), gambar planet Neptunus yang dikelilingi cincin ini disematkan caption:

"Kami selalu menjadi penggemar berat Saturnus, tetapi cincin Neptunus memberi kami perasaan dalam gambar baru ini."

Apakah NASA mulai berpaling dari Saturnus ke Neptunus setelah melihat penampakan cincinnya ini?

Terlepas dari semua itu, penemuan Neptunus pada tahun 1989 melalui eksplorasi Voyager 2 NASA tidak dapat mendeteksi cincin planet tersebut. Namun, dengan foto baru dari JWST, kita dapat melihat tampilan cincin yang lebih tajam dan pita debu yang lebih redup selain banyak cincin sempit yang cemerlang.

Menurut NASA, Voyager 2 melakukan pendekatan terdekatnya ke planet mana pun sejak meninggalkan Bumi 12 tahun lalu, melewati 4.950 kilometer di atas kutub utara Neptunus.

"Ini adalah pertama kalinya cincin samar dan berdebu dalam inframerah diamati," ujar Heidi Hammel yang merupakan ahli sistem Neptunus dan ilmuwan transdisipliner untuk JWST.

Sudah tiga puluh tahun sejak terakhir kali kami melihat mereka. Cincin samar ini ditemukan begitu dekat dengan Neptunus karena kualitas gambar JWST yang sangat konsisten dan akurat.

Sebagai informasi tambahan, Neptunus adalah planet yang terlihat berwarna biru. Warna biru ini disebabkan oleh metana di wilayah terluar planet.

Baca Juga: Planet Jupiter dan Bumi Akan Berdekatan Pada Bulan September, Disebut Fenomena Apa?

Kendati demikian, gambar yang berhasil ditangkap oleh JWST tidak tampak biru. Hal tersebut karena JWST menggunakan Near-Infrared Camera (NIRCam) yang hanya melihat objek dalam spektrum inframerah dekat antara 0,6 dan 5 mikron.

Garis-garis cerah dan bintik-bintik awan es metana terlihat karena memantulkan sinar matahari sebelum diserap oleh gas metana.

Gambar terbaru Neptunus ini tidak hanya memperlihatkan cincinnya saja, tetapi juga objek yang terlihat seperti bintang. Itu adalah Triton, bulan besar Neptunus.

Triton memantulkan rata-rata 70% cahaya yang diterimanya berkat kemilau nitrogen kental bekunya.

Menarik, bukan? Ternyata planet yang terjauh dari Matahari ini masih menyimpan misteri yang akhirnya berhasil terungkap berkat kecanggihan JWST.

Editor: Arif Budianto

Terbaru