Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Netflix Inc (NFLX.O) mengatakan pihaknya akan merilis paket langganan versi mobile dengan harga yang lebih murah khusus di pasar India dalam tiga bulan ke depan. Langkah tersebut dilakukan saat perusahaan streaming kehilangan pelanggannya di negara Bollywood.
India adalah salah satu pasar pertumbuhan besar terakhir bagi perusahaan, dan harus menghadapi persaingan dengan Amazon.com Inc’s (AMZN.O) Prime Video dan Hotstar, platform streaming video yang dimiliki oleh Walt Disney Co (DIS.N) unit India.
Dalam laporan kuartalan, Netflix kehilangan pelanggan streaming AS untuk pertama kalinya dalam delapan tahun. Ini juga meleset dari target pelanggan baru di luar negeri.
“India adalah negara mobile-first, di mana banyak pengguna pertama kali merasakan internet di ponsel mereka. Dalam skenario seperti itu, paket mobile only masuk akal untuk menargetkan pengguna baru,” kata Tarun Pathak, analis di Counterpoint Research.
Pencipta "Stranger Things" dan "The Crown" mengatakan pada bulan Maret bahwa mereka sedang menguji langganan bulanan seharga 250-rupee (US$ 3,63) untuk perangkat mobile di India, harga itu termasuk yang termurah di dunia. Netflix saat ini menawarkan tiga paket bulanan di India, dengan harga 500 rupee (US$ 7,27) dan 800 rupee (US$ 11,63).
Sebaliknya, Hotstar, yang menawarkan konten dari AT&T Inc (T.N) HBO dan juga streaming siaran langsung olahraga membebani harga bagi pelanggan sebesar 299 rupee (US$ 4,35) per bulan.