Reporter: Havid Vebri | Editor: Havid Vebri
JAKARTA. Perusahaan milik taipan media Rupert Murdoch, News Corp resmi mendapatkan hak siar klip digital online secara eksklusif untuk pertandingan sepak bola Liga Inggris melalui perangkat ponsel dan internet di Jepang, Vietnam dan Indonesia menjelang dimulainya musim pertandingan 2013 pada bulan ini.
Selain itu, News Corp juga telah mendapatkan hak penyiaran klip melalui internet dan ponsel atas Bundesliga (Jerman), Ligue 1 (Perancis), Serie A (Itali), FA Cup (Inggris), Championship (Inggris), Capital One Cup (Inggris), Brazilian Championship, dan Major League Soccer di ketiga negara tersebut.
Dengan seluruh hak siarnya itu, News Corp akan menyuguhkan lebih dari 1.600 laga pada musim reguler, pertandingan serta kejuaraan kepada para penggemar sepak bola melalui produk baru berbasis web dan ponsel.
“Popularitas sepak bola Eropa tengah berkembang pesat di Asia, terutama di kalangan generasi muda yang kegemarannya akan sepak bola juga dilengkapi dengan meningkatnya penggunaan ponsel pintar,” ujar Robert Thomson, Chief Executive News Corp, Selasa (13/8).
Chief Executive Premier League, Richard Scudamore menambahkan, “Kami sangat senang News Corp memutuskan untuk berinvestasi pada hak penyiaran liga kami via ponsel dan internet di Jepang, Vietnam dan Indonesia. Keahlian News Corp dalam liputan berita dan olahraga pada berbagai platform memungkinkan para fans di ketiga negara itu menikmati sajian Barclays Premier League secara lengkap melalui ponsel pintar, tablet dan perangkat lain yang mereka miliki.”
News Corp memegang hak eksklusif penyiaran via ponsel dan internet untuk English Premier League di Jepang, Indonesia dan Vietnam selama tiga tahun, hingga musim pertandingan 2015-2016. News Corp juga telah memiliki kesepakatan selama dua tahun untuk liga-liga lainnya.
News Corp sebelumnya telah mengumumkan akuisisi terhadap hak Inggris atas penyiaran seluruh pertandingan Premier League dan Football Association kepada para pelanggan The Sun, The Times dan The Sunday Times melalui platform digital, termasuk hak eksklusif siaran ‘near-life’ pada perangkat ponsel.