Nike Kalahkan Adidas Dalam Pertarungan Piala Dunia 2022

Minggu, 20 November 2022 | 13:18 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Nike Kalahkan Adidas Dalam Pertarungan Piala Dunia 2022

ILUSTRASI. Sebanyak 13 dari 32 negara peserta Piala Dunia 2022 akan menggunakan kaus yang disediakan oleh Nike.


KONTAN.CO.ID - DOHA. Berbicara tentang Piala Dunia Qatar 2022 yang tinggal menghitung jam, Nike Inc telah menjadi pemenang untuk sponsor jersey yang dipakai para pemain.

Memang, kesepakatan lisensi jersey sangat penting bagi perusahaan pakaian olahraga dalam upaya mereka untuk mengambil bagian dari pasar merchandise olahraga berlisensi global senilai US$ 30 miliar.

Pagelaran ini baru ketiga kalinya bagi Nike untuk mengungguli Adidas terkait sponsor jersey. Sebanyak 13 dari 32 negara peserta akan menggunakan kaus yang disediakan oleh Nike yang berbasis di Oregon.

Negara-negara dengan kesepakatan Nike termasuk negara tuan rumah dan Amerika Serikat, serta tim unggulan seperti Brasil, Inggris, dan Prancis. Popularitas Nike datang dengan mengorbankan Adidas, yang pada puncak dominasinya melengkapi hampir dua pertiga tim di Piala Dunia 1990 di Italia.

Baca Juga: Ongkos Piala Dunia Qatar Hingga US$ 200 Miliar, Apa yang Mereka Dapat?

Sementara itu, paket Adidas AG yang berbasis di Jerman akan dipakai oleh tujuh negara. Enam dari tujuh negara yang bermain dengan jersey Adidas berada di antara 20 tim teratas dunia, menurut peringkat yang dibuat oleh FIFA

“Ini bukan hanya soal kuantitas tapi juga kualitas. Kami melengkapi empat tim di antara favorit teratas untuk gelar; Argentina, Spanyol, Belgia, dan Jerman,” kata Stefan Pursche, juru bicara Adidas seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (20/11).

Selama beberapa dekade, Adidas telah menjadi nama utama pada perlengkapan Piala Dunia. Perusahaan ini mensponsori sembilan dari 16 tim di Piala Dunia FIFA 1974 di Jerman dan melanjutkan dominasi mereka hingga saat ini.

Baca Juga: Berapa Nilai Taruhan Saat Piala Dunia Qatar 2022 ?

Nike, pendatang baru yang relatif baru dalam mensponsori perangkat sepak bola, pertama kali memasuki perhelatan Piala Dunia pada tahun 1998 ketika mensponsori lima tim yang berkompetisi di Prancis. Sejak itu, Nike terus meningkatkan pangsa pasarnya.

Nike juga mensponsori tim peringkat teratas. Tujuh negara yang diperlengkapi termasuk di antara 20 teratas. Tetapi juga terkait dengan tim peringkat rendah seperti Qatar dan Arab Saudi, yang keduanya merupakan tim terburuk yang berkompetisi tahun ini. 

Namun Nike memiliki satu keunggulan besar karena Brasil telah memenangkan gelar Piala Dunia terbanyak dan diunggulkan untuk menang lagi tahun ini.

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru