Nominator Piala Oscar 2019 bukan hanya film apik, tapi juga laris secara bisnis

Kamis, 24 Januari 2019 | 00:05 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Nominator Piala Oscar 2019 bukan hanya film apik, tapi juga laris secara bisnis


FILM - LOS ANGELES, AS. Nominator film terbaik Piala Oscar 2019​ ternyata juga film-film yang masuk deretan box office alias laris. The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) resmi mengumumkan daftar nominasi .

Ada delapan film yang masuk dalam kategori best picture alias film terbaik. Film-film terunggul itu adalah Roma, Vice, The Favorite, Black Panther, Bohemian Rhapsody, Green Book, dan A Star is Born

Lepas dari soal film mana yang akan menerima Piala Oscar pada malam penghargaan 24 Februari 2019 mendatang di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat; kebetulan atau tidak mereka sama-sama laris sebagai tontonan komersial.

Tujuh dari delapan film tersebut merupakan film yang masuk box office dengan mengantongi penjualan tiket lebih puluhan juta sampai miliaran dollar AS. Tidak hanya itu, film-film tersebut juga didistribusikan secara global melalui bioskop.

Lain cerita dengan film berjudul Roma. Film drama yang tayang di Netflix ini belum ketahuan jelas seberapa banyak mampu mengantongi pendapatan. Maklum, Netflix tidak mengumumkan total pendapatan dari setiap film yang mereka tayangkan.

Namun, film ini juga didistribusikan secara terbatas di bioskop Amerika Serikat. Berdasarkan riset, film ini berhasil membukukan pendapatan sekitar US$ 1,4 juta dan masuk dalam daftar film box office

 

Roma

Film Netflix berjudul Roma ini mendominasi nominasi dengan menempati 10 kategori, termasuk best picture, best director, dan best actress

Film karya Alfonso Cuaron yang tayangn pada 2018 lalu ini memang terus menerus menuai pujian sejak pemutaran perdana. Film ini berhasil menyentuh hati penonton lewat penggambaran kisah personal seorang pembantu muda bernama Cleo. 

Film berlatar tahun 1970-1971 Mexico City ini didedikasikan untuk perempuan bernama Libo, inspirasi Cleo yang bekerja sebagai penjaga anak dan pembantu keluarga kelas menengah. 

 

The Favorite 

The Favorite yang juga tayang di Netflix mulai akhir tahun lalu mengantongi 10 nominasi, termasuk best picture dan best actress

Film yang mengambil latar cerita kerajaan Inggris pada awal abad ke-18 ini disutradarai oleh Yorgos Lanthimos. Film ini mengisahkan konflik antar sepupu yang berlomba-lomba menjadi terfavorit di mata sang ratu. 

Deretan bintang seperti Emma Stone, Olivia Colman, dan Rachel Weisz mengambil peran dalam film berdurasi 119 menit ini. Film ini masuk dalam jajaran box office dengan mengantongi pendapatan sekitar US$ 42,5 juta (per 20 Januari 2019).  

 

A Star is Born 

Film yang dibintangi Lady Gaga dan Bradley Cooper ini sukses masuk delapan nominasi Piala Oscar 2019 di antaranya, best picture, best actor, dan best actress. 

Baru diputar sekitar akhir tahun lalu, film yang juga disutradarai oleh sang aktor Bradley ini masuk jajaran film terlaris dan berhasil mengantongi pendapatan sekitar US$ 409,2 juta. 

 

Vice 

Film yang disutradarai Adam Mckey ini masuk dalam delapan nominasi di antaranya best picture, best director, dan best actor. 

Film bergenre biografi drama komedi ini cukup diminati penggemar film seluruh dunia. Baru akhir tahun lalu dirilis, Vice masuk jajaran box office dengan mengantongi pendapatan sekitar US$ 39,5 juta.

 

Black Panther 

Film superhero besutan Marvel Studio ini masuk dalam tujuh nominasi di antaranya best picture, best costume design, dan best original song. 

Film yang mengisahkan perjuangan raja baru kerajaan Wakanda untuk menyelamatkan negaranya dari perang saudara dan mempertahankan posisinya pasca meninggalnya sang raja ini berhasil memikat hati penonton.

Dirilis pada pertengahan 2018, film ini masuk deretan box office dengan membukukan pendapatan sekitar US$ 1,3 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru