kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.529.000   14.000   0,92%
  • USD/IDR 15.645   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.695   -21,89   -0,28%
  • KOMPAS100 1.190   -4,72   -0,40%
  • LQ45 943   -3,92   -0,41%
  • ISSI 232   -0,82   -0,35%
  • IDX30 487   -1,75   -0,36%
  • IDXHIDIV20 582   -0,48   -0,08%
  • IDX80 135   -0,70   -0,51%
  • IDXV30 141   -1,10   -0,77%
  • IDXQ30 161   -0,50   -0,31%

Nvidia Menggeser Apple Sebagai Perusahaan Paling Berharga di dunia


Jumat, 25 Oktober 2024 / 23:16 WIB
Nvidia Menggeser Apple Sebagai Perusahaan Paling Berharga di dunia
ILUSTRASI. Logo Nvidia. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Nvidia berhasil menggeser Apple sebagai perusahaan publik dengan nilai pasar terbesar di dunia pada Jumat (25/10). Berkat lonjakan harga saham yang didorong oleh permintaan tinggi akan chip AI superkomputernya.

Menurut data dari LSEG, kapitalisasi pasar Nvidia sempat menyentuh US$3,53 triliun, mengungguli Apple yang berada di angka US$3,52 triliun.

Baca Juga: Wall Street Menguat di Tengah Turunnya Yield Treasury, Saham Megacap Terdorong Naik

Pada Juni lalu, Nvidia juga sempat menduduki posisi teratas sebelum disusul oleh Microsoft dan Apple. Saat ini, kapitalisasi pasar Microsoft berada di sekitar US$3,20 triliun.

Saham Nvidia telah naik sekitar 18% sepanjang Oktober ini, didorong oleh pengumuman OpenAI, pencipta ChatGPT, yang memperoleh pendanaan sebesar $6,6 miliar.

Chip Nvidia digunakan untuk melatih model dasar seperti GPT-4 dari OpenAI.

“Semakin banyak perusahaan yang mengadopsi kecerdasan buatan dalam tugas harian mereka, dan permintaan untuk chip Nvidia tetap tinggi,” kata Russ Mould, Direktur Investasi di AJ Bell.

Baca Juga: Wall Street Dibuka Naik Jumat (25/10), Seiring Penurunan Imbal Hasil US Treasury

“Selama ekonomi AS terhindar dari resesi besar, banyak perusahaan diperkirakan akan terus berinvestasi besar-besaran dalam teknologi AI, memberikan angin segar bagi Nvidia.”

Saham Nvidia mencapai rekor tertinggi pada Selasa lalu, melanjutkan kenaikan sejak minggu lalu saat TSMC, produsen chip kontrak terbesar di dunia, melaporkan peningkatan laba kuartalannya sebesar 54%, didorong oleh melonjaknya permintaan chip AI.

Ujian besar berikutnya akan datang saat Nvidia melaporkan hasil kuartal ketiga pada November mendatang.

Pada Agustus, Nvidia memperkirakan pendapatan kuartal ketiga akan mencapai US$32,5 miliar, lebih atau kurang 2%, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata analis sebesar US$32,90 miliar.

Baca Juga: Gaji CEO Microsoft Satya Nadella Naik Menjadi Hampir US$80 Juta untuk Tahun 2024

Analis Morgan Stanley, Joseph Moore, dalam catatannya pada 10 Oktober menyatakan bahwa ia tetap “sangat optimistis” terhadap Nvidia dalam jangka panjang. Namun, rally baru-baru ini “menaikkan standar untuk kinerja laba”.

Setelah bertemu dengan CEO Nvidia Jensen Huang, Moore mencatat bahwa produksi chip generasi terbaru Blackwell Nvidia sedang meningkat dengan pesanan penuh untuk 12 bulan ke depan.

Saham sempat tertekan pada Agustus setelah Nvidia mengonfirmasi penundaan produksi chip Blackwell hingga kuartal keempat.

Saham Nvidia, Apple, dan Microsoft memberikan pengaruh besar pada sektor teknologi dan pasar saham Amerika Serikat (AS) secara keseluruhan, dengan ketiga perusahaan ini menyumbang sekitar seperlima dari bobot indeks S&P 500.

Histeria seputar AI, ekspektasi penurunan suku bunga yang signifikan oleh The Fed, serta awal yang baik pada musim laporan keuangan telah mendorong indeks S&P 500 mencapai level tertinggi sepanjang masa minggu lalu.

Baca Juga: Perolehan Kekayaan Jensen Huang di Posisi Teratas Lampaui Mark Zuckerberg, Siapa Dia?

Lonjakan saham Nvidia juga meningkatkan popularitasnya di kalangan pedagang opsi, menjadikannya salah satu opsi yang paling banyak diperdagangkan belakangan ini, menurut data dari Trade Alert.

Saham Nvidia telah melonjak hampir 190% tahun ini berkat ledakan AI generatif yang membuat perusahaan berulang kali mengeluarkan perkiraan pendapatan yang kuat.

“Pertanyaannya adalah apakah pendapatan ini akan bertahan lama dan apakah akan didorong oleh emosi investor, bukan oleh kemampuan untuk membuktikan atau membantah apakah hype AI berlebihan,” kata Rick Meckler, mitra di Cherry Lane Investments, kantor investasi keluarga di New Vernon, New Jersey.

“Saya rasa Nvidia tahu bahwa dalam waktu dekat, angka-angka mereka kemungkinan akan sangat luar biasa.”

Selanjutnya: Bakal Diakuisisi BTN, Begini Respons Bos Bank Victoria Syariah

Menarik Dibaca: Ini Penjelasan Garuda Indonesia terkait Program Seat Selection



TERBARU
Kontan Academy
FREE WEBINAR - Bongkar Strategi Viral Digital Marketing Terbaru 2025 FREE WEBINAR - The Psychology of Selling

[X]
×