kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OLX: Permintaan SUV dan MPV masih terbesar di OLX


Minggu, 26 Mei 2019 / 16:45 WIB
OLX: Permintaan SUV dan MPV masih terbesar di OLX


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulan Ramadan tidak hanya berimbas pada kenaikan pencarian mobil bekas di OLX. Dari segi supply, angkanya pun turut naik, terutama untuk mayoritas mobil dengan segmen MPV dan SUV. Kedua mobil ini tidak hanya menjadi favorit jelang Lebaran, namun menjadi mobil dengan supply dan demand tertinggi sepanjang tahun di OLX.

Ivo Wassenaar, Head of Automotive Category OLX Indonesia mengatakan, OLX memantau adanya kenaikan supply untuk mobil-mobil dengan segmen MPV dan SUV, sepanjang bulan Ramadan ini jika dibandingkan dengan periode yang sama, tahun lalu

“Merek-merek seperti Toyota Kijang, Honda CR-V, Daihatsu Espass, Suzuki APV, dan Grand Livina mengalami kenaikan dari segi supply. Kami bahkan memantau pergerakan supply untuk mobil-mobil tersebut di kisaran harga Rp 40 juta–Rp 90 juta,” kata Ivo dalam keterangan pers, Minggu (26/5)

Menurut Ivo, kisaran harga tersebut cukup terjangkau bagi pembeli yang ingin memanfaatkan mobil bekas untuk mudik Lebaran. Dengan harga Rp 40 juta–Rp 90 juta, calon pembeli dapat mencari mobil-mobil SUV dan MPV keluaran tahun 2000 ke atas, dari berbagai macam merek.

Di kelas MPV bekas seharga Rp 40 juta–Rp 60 juta, Toyota Kijang menjadi mobil dengan supply tertinggi. Penjualan mobil merek ini naik sebanyak 11% sepanjang bulan Ramadan, dari 1.820 menjadi 2.010 unit. Sementara itu, di kelas SUV supply terbanyak didominasi oleh Honda CR-V. Kenaiknya juga mencapai 11%, yaitu dari 440 menjadi 490 unit.

Untuk kisaran harga Rp 70 juta–Rp 90 juta, Nissan Grand Livina menempati urutan dengan supply terbanyak di segmen MPV dengan 2.970 unit. Berbeda dengan Toyota Inova dan Honda CR-V, Nissan Grand Livina justru turun 2%. Sementara itu untuk segmen SUV pada kisaran harga yang sama, Nissan X-Trail mengalami kenaikan supply sebesar 12%, dari 720 – 820 unit.

Beberapa merek mobil yang juga mengalami kenaikan supply dibandingkan Ramadan tahun lalu adalah: Daihatsu Espass (21%), Mitsubishi Kuda (19%), Suzuki APV (10%), Ford Escape (37%), Suzuki Grand Escudo (15%), Honda Odyssey 10%, dan Chevrolet Captiva (17%). Semua merek tersebut dijual di OLX di kisaran harga Rp 40 juta–Rp 90 juta.

Menurut Ivo, kenaikan supply ini adalah imbas dari adanya permintaan yang tinggi dari calon pembeli. Pencarian mobil bekas di OLX pada Ramadan tahun ini naik sebanyak 9,3% atau setara dengan 250.000 calon pembeli. Masyarakat tampak mencari moda transportasi yang nyaman digunakan bersama keluarga untuk mudik, atau sekadar berwisata dan bersilaturahmi bersama keluarga selama libur Lebaran.

“Di OLX, kami tidak hanya memberikan berbagi pilihan merek, model, dan segmen mobil. Kami juga memberikan pilihan harga yang variatif bagi calon pembeli. Dengan demikian, mereka dapat menyesuaikan dengan budget yang tersedia,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×