CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,18   6,97   0.69%
  • EMAS984.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Omicron menyebar di India, vaksinasi penuh jadi fokus


Senin, 06 Desember 2021 / 16:30 WIB
Omicron menyebar di India, vaksinasi penuh jadi fokus
ILUSTRASI. Petugas kesehatan mengambil sampel usap untuk uji virus corona (COVID-19) dari seorang pria dekat terminal bus di New Delhi, India. REUTERS/Anushree Fadnavis


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Kasus varian virus corona Omicron telah meningkat menjadi 21 di India selama akhir pekan dan orang-orang harus meningkatkan vaksinasi, kata para pejabat, Senin.

Mengutip Reuters, Senin (6/12), negara bagian barat Rajasthan melaporkan jumlah kasus Omicron terbanyak dengan sembilan kasus, diikuti oleh delapan kasus di Maharashtra, dua kasus di Karnataka dan masing-masing satu kasus di Gujarat dan ibu kota New Delhi.

"Orang-orang Delhi harus divaksinasi sepenuhnya, memakai masker dan menjaga jarak sosial," kata menteri kesehatannya Satyendar Jain di Twitter.

Dia mengatakan pasien Omicron pertama di kota itu sedang dirawat di rumah sakit yang dikelola negara. Sekitar 94% orang dewasanya telah menerima setidaknya satu dosis, tambahnya.

Data pemerintah menunjukkan, negara ini telah sepenuhnya memvaksinasi 51% dari 944 juta orang dewasa dan memberikan setidaknya satu dosis hingga 85%. Puluhan juta orang, bagaimanapun, terlambat untuk dosis kedua mereka meskipun persediaan vaksin cukup. 

Baca Juga: Cegah varian omicron, masyarakat diminta tetap disiplin protokol kesehatan

India melaporkan dua kasus Omicron pertamanya di negara bagian Karnataka selatan pada hari Kamis, pada satu orang tanpa riwayat perjalanan baru-baru ini.

Sebagian besar kasus lain terjadi pada orang yang baru saja datang dari luar negeri, tetapi dokter mengatakan virus yang bermutasi juga telah menyebar di populasi lokal.

"Omicron ada di sini, penyebaran komunitas sedang berlangsung," kata ahli bedah Arvinder Singh Soin, yang telah merawat pasien Covid-19, di Twitter. "(pakai) Masker. Dapatkan vaksinasi penuh."

India melaporkan 8.895 kasus baru Covid-19 selama 24 jam terakhir, sehingga totalnya menjadi 34,64 juta. Kematian naik 211 menjadi 473.537.

Baca Juga: Kasus Varian Omicron di Korea Selatan Bertambah Lagi, Hari Ini Ada Laporan Baru

Sejak rekor lonjakan infeksi dan kematian pada bulan April dan Mei karena varian Delta, kasus baru telah mencapai sekitar 10.000 dalam beberapa minggu terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×