kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OPEC + akan mengurangi pembatasan produksi minyak secara bertahap pada Mei


Jumat, 02 April 2021 / 06:10 WIB
OPEC + akan mengurangi pembatasan produksi minyak secara bertahap pada Mei


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - LONDON. OPEC + pada Kamis (1/4) sepakat untuk mengurangi pemangkasan produksi minyak secara bertahap mulai Mei, setelah pemerintahan baru Amerika Serikat meminta Arab Saudi untuk menjaga energi tetap terjangkau bagi konsumen.

Mengutip Reuters, Jumat (2/4), OPEC + yang telah menerapkan pemangkasan besar-besaran pada produksi miyak setelah harga minyak jatuh akibat pandemi pada tahun 2020, setuju untuk mengurangi pembatasan produksi sebesar 350.000 barel per hari pada Mei, 350.000 barel per hari lagi pada Juni dan sebesar 400.000 barel per hari atau lebih pada Juli.

Menteri Perminyakan Iran, Bijan Zanganeh, mengkonfirmasi bahwa OPEC + akan meningkatkan produksi dengan total 1,1 juta barel per hari pada Juli.

Selain itu, Arab Saudi mengatakan akan menghentikan secara bertahap pemotongan sukarela ekstra pada Juli, sebuah langkah yang akan menambah 1 juta barel per hari.

Di bawah kesepakatan Kamis, pemotongan yang diterapkan oleh OPEC +, akan sedikit di atas 6,5 juta barel per hari mulai Mei, dibandingkan dengan sedikit di bawah 7 juta barel per hari pada April.

Baca Juga: Harga minyak WTI naik tipis setelah merosot di bawah US$ 60 per barel

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz Bin Salman menggambarkan perjanjian untuk meningkatkan produksi sebagai "tindakan yang sangat konservatif", meskipun pada hari-hari sebelum pertemuan, para delegasi mengatakan kelompok itu kemungkinan akan mempertahankan sebagian besar pemotongan yang ada karena gelombang penguncian virus korona lainnya mengganggu permintaan bahan bakar.

Menteri mengatakan tingkat produksi masih dapat disesuaikan pada pertemuan berikutnya pada 28 April dan mengatakan keputusan Kamis tidak dipengaruhi oleh pembicaraan dengan pejabat AS atau negara konsumen lainnya.

Menteri Saudi mengatakan kerajaan akan menghentikan pemangkasan sukarela tambahannya secara bertahap, mengurangi pemotongan sebesar 250.000 bpd pada bulan Mei, 350.000 bpd pada bulan Juni dan 400.000 bpd pada bulan Juli, dan menghapus seluruh pemangkasan produksi sebesar 1 juta bpd pada saat itu.

Minyak mentah Brent diperdagangkan sekitar US$ 64 per barel, naik lebih dari 20% pada awal tahun dan tidak jauh dari level tertinggi tahun ini sekitar US$ 71.

"Kami menegaskan kembali pentingnya kerja sama internasional untuk memastikan sumber energi yang terjangkau dan andal bagi konsumen," ujar Jennifer Granholm, sekretaris energi baru yang ditunjuk oleh Presiden AS Joe Biden, di Twitter setelah panggilannya dengan menteri energi Saudi.

Berita panggilan tersebut bertepatan dengan tanda-tanda perubahan suasana hati dalam diskusi informal antara anggota OPEC +. Beberapa hari sebelum pembicaraan Kamis, delegasi mengatakan kelompok itu kemungkinan akan mempertahankan sebagian besar pemotongan yang ada, mengingat ketidakpastian tentang prospek permintaan di tengah gelombang baru penguncian virus corona.

Tetapi dalam 24 jam sebelum pertemuan dimulai, sumber mengatakan diskusi telah bergeser ke kemungkinan peningkatan produksi, karena Granholm membuat komentar publik pertamanya tentang harga minyak global.

Baca Juga: Harga minyak mentah menguat tipis jelang pertemuan OPEC+

Bahkan ketika OPEC + memutuskan pada 4 Maret untuk menjaga produksi tetap stabil, memicu kenaikan harga, Gedung Putih tidak memberikan komentar langsung.

Di masa lalu, Trump menggunakan pengaruhnya untuk memaksa Arab Saudi menyesuaikan kebijakan. Saat harga melonjak, dia bersikeras OPEC menaikkan produksi. Ketika harga minyak jatuh tahun lalu, merugikan produsen minyak serpih AS, dia meminta kelompok itu untuk memangkas produksi.

Hingga pekan ini, pemerintahan Biden telah menahan diri dari pendekatan seperti itu, menjaga jarak dari Riyadh dan menjatuhkan sanksi pada beberapa warga Saudi atas pembunuhan Jamal Khashoggi pada 2018.

Selanjutnya: Turun di hari terakhir kuartal I, harga minyak melejit 24% sejak awal tahun




TERBARU

[X]
×