kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Oposisi konservatif menang pemilu Yunani, perbaikan ekonomi jadi prioritas


Senin, 08 Juli 2019 / 16:44 WIB
Oposisi konservatif menang pemilu Yunani, perbaikan ekonomi jadi prioritas

Sumber: Reuters | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - ATHENA. Partai oposisi konservatif Yunani kembali ke tampuk kepemimpinan negara tersebut lewat pemilihan cepat yang berlangsung Minggu, (7/5) lalu. Dikutip dari Reuters, Perdana Menteri terpilih Kyriakos Mitsotakis menyatakan ia akan menjalankan mandat dari partainya untuk mengubah situasi ekonomi Yunani dengan membawa lebih banyak investasi, dan pemotongan pajak.

“Saya berkomitmen untuk membawa lebih banyak investasi ke Yunani, dan potongan pajak yang lebih kecil serta menciptakan lapangan kerja yang baru dan baik yang akan menciptakan penghasilan dan pensiun lebih tinggi,” kata Mitsotakis.


Kemenangan Mitsotakis sendiri kelelahan masyarakat Yunani dari pengetatan sanksi yang diberikan Uni Eropa ditambah tingkat pengangguran yang tinggi setelah Yunani hampir terdepak dari Uni Eropa gara-gara krisis keuangan yang mencapai puncak pada 2015.

Dalam hitung cepat Kementerian Dalam Negeri Yunani, dari 73% suara masuk Partai Mitsotakis, yaitu Conservatice New Democracy memimpin perolehan suara sebesar 39,6% dibandingkan suara Partai sayap kiri 31,6% yang mencalonkan Alexis Tsipras.

Sedangkan dari exit polls, New Democracy disebutkan akan memperoleh antara 155-167 kursi di parlemen dari total 300 kursi yang diperebutkan.

Tsipras yang merupakan incumbent sendiri telah mengakui kekalahannya dari Mitsotakis. “Hari ini dengan kepala tegak kami menerima kehendak rakyat untuk membawa Yunani dari apa yang telah kami lakukan sebelumnya dengan biaya politik yang besar,” kata Tsipras.

Tsipras sendiri sebelumnya merebut pucuk pimpinan Yunani dari kaum konservatif pada 2015. Ketika Yunani berada di puncak krisis keuangannya sejak 2010. Sedangkan pelantikan Mitsotakis akan dilakukan hari ini, Senin (8/7).


Tag


TERBARU

Close [X]
×