kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pengujung tahun, bursa Wall Street terangkat kemajuan relasi dagang AS-China


Rabu, 02 Januari 2019 / 07:07 WIB
Pengujung tahun, bursa Wall Street terangkat kemajuan relasi dagang AS-China
ILUSTRASI. Bursa Efek Tertua di Dunia - New York Stock Exchange (NYSE)

Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks bursa saham di seluruh dunia, termasuk bursa Wall Street naik pada perdagangan pengujung tahun 2018, Senin (31/12).  Sinyal kemajuan dalam penyelesaian sengketa perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan China menimbulkan optimisme investor dan membantu indeks menanjak.

Mengutip Reuters, Senin waktu AS, indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 265,06 poin atau 1,15% menjadi 23.327,46/ Lalu indeks S&P 500 naik 21,11 poin atau 0,85% menjadi 2.506,85 dan indeks Nasdaq Composite naik 50,76 poin atau 0,77% ke level 6.635,28.

Indeks pasar berkembang (MSCI MSCIEF) naik 0,32%. Sedangkan indeks saham dunia MSCI MIWD00000PUS naik 0,66%.

Bursa saham dunia terangkat di akhir tahun setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan ia telah berkomunikasi dengan dengan Presiden China Xi Jinping pada Sabtu pekan lalu untuk membahas soal perdagangan. Trump juga mengatakan ada "kemajuan besar" yang sedang dibuat dua negara.

Media pemerintah China mengatakan Xi berharap tim perunding bisa saling bertemu dan mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Meskipun bursa saham dunia Senin naik, indeks saham di seluruh dunia mengakhiri tahun ini sebagian besar di zona merah, akibat efek kekhawatiran investor atas ketegangan perdagangan dan melambatnya pertumbuhan ekonomi global.

"Jika ekonomi Eropa terus melambat dan ekonomi Tiongkok melambat karena perang tarif dagang, pasti akan ada tumpahan ke Amerika Serikat," kata Shannon Saccocia, Kepala Investasi di Boston Private seperti dikutip Reuters, Senin (31/12).


Tag


TERBARU

Close [X]
×