CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Orang terkaya kelima di Korea Selatan ini jual sebagian sahamnya untuk beramal


Jumat, 16 April 2021 / 10:30 WIB
Orang terkaya kelima di Korea Selatan ini jual sebagian sahamnya untuk beramal
ILUSTRASI. Kim Beom-So, pencipta platform kakao talk yang kini menjadi orang terkaya kelima di Korea Selatan


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Untuk memenuhi janjinya yang dibuatnya, pendiri operator messenger seluler top Korea Selatan Kakao Corp, Kim Beom-su menjual sebagian kepemilikan sahamnya di perusahaan tersebut untuk beramal. 

Jumat (16/4), dalam laporan ke otoritas bursa Korea, Kim telah menjual saham miliknya senilai 500 miliar won setara US$ 447 juta di Kakao. Ini adalah bagian dari janjinya untuk menyumbangkan setengah dari asetnya.

Langkah itu dilakukan setelah K, yang juga menjabat sebagai Chairman Kakao, berjanji pada bulan Februari lalu untuk menyumbangkan lebih dari setengah asetnya, yang pada saat itu diperkirakan bernilai lebih dari 10 triliun won.

Pada bulan Maret, dia pun bergabung dengan Giving Pledge, sebuah kampanye global yang dibuat oleh Bill dan Melinda Gates serta Warren Buffett untuk individu dan keluarga terkaya di seluruh dunia agar menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka.

Baca Juga: Akhirnya, Warren Buffett bergabung dengan klub eksklusif US$ 100 miliar

Menurut pengajuan tersebut, Kim menjual 1,73 juta saham di Kakao, senilai 200 miliar won, dalam kesepakatan perdagangan setelah jam kerja. Selain itu, Kcubeholdings Co., yang sepenuhnya dimiliki oleh Kim, juga menjual 2,59 juta saham Kakao senilai 300 miliar won.

"Melalui kesepakatan baru-baru ini, dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan amal, termasuk pendirian yayasan pada paruh pertama tahun ini, serta untuk penggunaan pribadi," kata seorang pejabat Kakao dalam keterangannya.

Dengan penjualan saham tersebut, kini kepemilikan Kim di Kakao hanya 13,32%, turun dari 13,74%. Sementara itu kepemilikan Kcubeholdings di Kakao juga terkikis dari 11,22% menjadi 10,6%. 

Penjualan itu terjadi sehari setelah saham Kakao ditutup menguat 7,59% menjadi 120.500 won pada Kamis, menyusul rencana stock split 5:1 yang dilakukan perusahaan.

 

Selanjutnya: Kapal induk China ketiga mulai dibangun, seperti ini kemampuannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×