kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Orbis Tolak Tawaran Canon Akuisisi Oce 730 Juta Euro


Rabu, 18 November 2009 / 17:26 WIB
Orbis Tolak Tawaran Canon Akuisisi Oce 730 Juta Euro


Sumber: Bloomberg | Editor: Dikky Setiawan

TOKYO. Manajer aset Orbis Funds kembali membuat langkah mengejutkan. Setelah pernah menolak tawaran akuisisi dari Warren Buffet dan Citigroup Inc, kini Orbis menolak tawaran senilai 730 juta euro atau US$ 1,1 miliar yang dilayangkan Canon Inc, produsen printer asal Jepang untuk mengakuisisi Oce NV, produsen mesin fotokopi dan printer asal Belanda.

Orbis menilai, harga yang diajukan Canon masih terlalu rendah. Dalam pernyataannya Rabu ini (18/11), manajer aset pengelola dana US$ 20 miliar yang bermarkas di Pulau Bermuda itu, penawaran Canon senilai 8,60 euro per saham masih di bawah nilai wajar. Orbis tidak ingin menjual 10% sahamnya di harga tersebut.

Padahal, di hari sebelumnya, pengelola Canon telah menyatakan persetujuannya untuk membeli Venlo, unit usaha Oce yang berbasis di Belanda. Sedianya, rencana pengambilalihan Venlo itu untuk memperluas bisnis Canon di pasar printer.

Chief Executive Officer Oce Rokus van Iperen, mengatakan, setelah diambil alih, Oce akan menjadi divisi yang terpisah dengan Canon di bisnis pencetakan format lebar, percetakan komersial dan layanan bisnis di seluruh dunia.

Di negeri kincir angin, Oce merupakan pesaing Konica Minolta Holdings Inc dan Xerox, pembuat kamera dan peralatan kantor Jepang. Namun, dalam rencana penjualan saham Oce ini, Konica telah tegas menyatakan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana menandingi tawaran Canon terhadap saham Oce.

Saham Oce langsung anjlok

Osamu Hirose, analis di Sekuritas Tokai Tokyo, menilai, penolakan dari pemegang saham mayoritas Oce itu dapat mengakibatkan penundaan dan konsekuensi negatif bagi kesepakatan yang dilakukan kedua belah pihak. "Dengan penghasilan Oce yang terus merosot, sulit menemukan penawar yang akan mengajukan penawaran dengan harga yang lebih baik," ujar Osamu.

Oktober lalu, Oce melaporkan kerugian bersihnya di kuartal ketiga 2009 meningkat menjadi 25,7 juta euro, dari 24.2 juta euro di periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan Oce juga turun 9,9% menjadi 630,8 juta euro.

Usai berembusnya penolakan Orbis terhadap Canon, Selasa (17/11) saham Oce anjlok 0,6% menjadi 8,56 euro di bursa Amsterdam. Saham Oce telah turun 70% sejak 16 November, paska Canon mengumumkan rencana pengambilalihan Oce.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×