kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Otoritas Bursa AS Berencana Mengubah Aturan Perdagangan Saham Ritel


Kamis, 09 Juni 2022 / 17:30 WIB
Otoritas Bursa AS Berencana Mengubah Aturan Perdagangan Saham Ritel
ILUSTRASI. Wall Street. REUTERS/Andrew Kelly


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Otoritas sekuritas di Amerika Serikat (AS) berencana merombak aturan perdagangan saham ritel di Bursa Wall Street. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan persaingan penanganan pesanan di antara sekuritas tanpa komisi sehingga investor ritel bisa mendapatkan harga terbaik. 

Ketua Securities and Exchange Commission (SEC)AS Gary Gensler mengatakan akan meminta perusahaan sekuritas untuk bersaing secara langsung dalam mengeksekusi perdagangan investor ritel. 

Otoritas bursa ini berencana untuk meneliti pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir dari praktik pembayaran untuk aliran pesanan  atau payment for order flow (PFOF) yang dilarang di Kanada, Inggris, dan Australia.

Beberapa broker, seperti TD Ameritrade, Robinhood Markets, dan E*Trade, menerima pembayaran dari pesanan investor wholesale. Menurut SEC, hal itu mendorong peningkatan biaya bagi investor yang menggunakan broker online. 

Baca Juga: Kenaikan Beruntun Wall Street Terhenti, Indeks S&P 500 Ambles 1,1%

Gensler bilang, larangan praktik PFOF tidak boleh diabaikan. Menurutnya, praktik tersebut memiliki konflik yang melekat karena beberapa broker tanpa komisi beroperasi tanpa PFOF.

"Saya meminta staf untuk mengambil pandangan lintas pasar yang holistik tentang bagaimana kami dapat memperbarui aturan dan mendorong efisiensi yang lebih besar di pasar ekuitas, terutama untuk investor ritel," kata Gensler.

Gensler mengatakan jika PFOF masih diizinkan, SEC menginginkan aturan untuk mengamanatkan pembuat pasar mengungkapkan lebih banyak data seputar biaya yang diperoleh perusahaan-perusahaan ini dan waktu perdagangan.

Proposal resmi rencana perubahan aturan itu ditargetkan akan keluar pada musim gugur. Publik kemudian dapat mempertimbangkan sebelum SEC memberikan suara apakah akan mengadopsinya.

Lembaga Advokat investor memuji rencana SEC tersebut. Rencana itu bakal menjadi perombakan terbesar aturan pasar ekuitas AS dalam lebih dari satu dekade. Namun, eksekutif industri keuangan menolak rencana itu dengan alasan mereka dapat menghalangi pialang bebas komisi untuk melayani lebih banyak investor.

"Terlalu banyak di industri keuangan saat ini menjadi kaya dari praktik anti-persaingan dan predator di pasar yang sangat terfragmentasi yang mengakibatkan investor ritel dianiaya jika tidak ditipu," kata Dennis Kelleher, kepala eksekutif kelompok advokasi Better Markets yang berbasis di Washington.

Joseph Mecane, kepala layanan eksekusi Citadel Securities memperingatkan terhadap rencana tersebut. 

"Kita harus sangat berhati-hati, karena kalau tidak secara tidak sengaja bisa membawa kita kembali ke masa yang terlihat lebih buruk daripada yang terlihat hari ini," katanya.

Sementara Dan Gallagher, Kepala Hukum, kepatuhan, dan Urusan Perusahaan Robinhood, mengatakan pihaknya masih akan meninjau proposal aturan akhirnya Komisi dan akan terlibat dengan SEC selama proses pembuatan aturan.

Baca Juga: Wall Street Jatuh, Terseret Imbal Hasil US Treasury yang Melesat di Atas 3%

Perubahan yang dimaksudkan akan secara mendasar mengubah model bisnis broker yang fokus menangani investor instritusi. Mereka juga dapat memengaruhi kemampuan pialang untuk menawarkan perdagangan bebas komisi kepada investor ritel. 

PFOF berada di bawah pengawasan peraturan tahun lalu ketika pasukan investor ritel melakukan pembelian "saham meme" seperti GameStop dan AMC, memeras dana lindung nilai yang telah mempersingkat saham. Banyak investor membeli saham menggunakan broker bebas komisi seperti Robinhood.

Untuk meningkatkan persaingan pesanan demi pesanan, aturan baru akan mendorong lelang terbuka dan transparan yang bertujuan memberikan harga yang lebih baik kepada investor. Mereka juga akan meminta dealer yang melakukan perdagangan untuk memastikan harga terbaik bagi investor dan untuk meningkatkan transparansi seputar standar prosedural yang harus dipenuhi oleh pialang saat menangani dan melaksanakan pesanan.

Mereka juga akan meminta dealer pialang dan pusat pasar untuk mengungkapkan lebih banyak data termasuk ringkasan bulanan peningkatan harga dan statistik lainnya, kata Gensler.

Aturan akan berusaha untuk mengecilkan kenaikan harga minimum atau yang disebut ukuran centang untuk memastikan semua perdagangan terjadi dalam kenaikan minimum.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×