kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Otoritas India memperingatkan bahwa lockdown bisa diperpanjang


Sabtu, 04 April 2020 / 22:18 WIB
Otoritas India memperingatkan bahwa lockdown bisa diperpanjang
ILUSTRASI. Pemerintah pusat India meninjau kebijakan lockdown yang berakhir 14 April.

Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - MUMBAI. Otoritas di sejumlah negara bagian India memperingatkan bahwa lockdown untuk menahan penyebaran pandemi virus corona bisa diperpanjang di sejumlah bagian setelah kasus domestik melonjak di atas 3.000 kasus.

Perdana Menteri India Narendra Modi memerintahkan lockdown tiga pekan di India sejak 24 Maret lalu. Langkah ini untuk menghentikan penyebaran infeksi virus corona di negara dengan penduduk 1,3 miliar jiwa.

Tapi, lockdown terbesar dunia ini menimbulkan kehilangan pekerjaan jutaan orang. Lockdown juga memaksa pekerja migran untuk kabur dari kota ke desa mereka untuk mendapatkan pangan dan tempat tinggal.

Baca Juga: Jumlah WNI positif virus corona di luar negeri berambah 13 jadi 2014 hingga hari ini

India mencatat 3.072 kasus virus corona dengan 75 orang meninggal. Negara bagian Maharashtra yang meliputi pusat finansial Mumbai, mencatat 537 kasus virus corona terkonfirmasi dan 26 orang meninggal.

"Jika warga tidak mematuhi aturan dengan serius dan kasus terus meningkat, maka mungkin tidak ada pilihan selain memperpanjang lockdown," kata Rajesh Tope, Menteri Kesehatan Negara Bagian Maharastra kepada Reuters. Dia menambahkan bahwa lockdown bisa diperpanjang di Mumbai dan area urban Maharashtra selama dua pekan.

Otoritas telah menyiapkan lebih dari 200 zona penahanan dan menyegel kompleks bangunan dan jalan-jalan di Mumbai tempat kasus diidentifikasi.

Baca Juga: Kasus infeksi corona di Singapura naik dari 100 menjadi 1.000 dalam sebulan

Pemerintah pusat India meninjau kebijakan lockdown yang berakhir 14 April ini. Tiga pejabat senior mengatakan bahwa penilaian ini akan tergantung pada situasi tiap negara bagian. Lockdown dan pembatasan akan diperpanjang di distrik-distrik yang memiliki kasus yang terus meningkat.

Transportasi publik di kota-kota besar seperti Mumbai, Bengaluru, dan Delhi kemungkinan dipulihkan secara bertahap beberapa hari setelah lockdown berakhir.

Dalam pertemuan dengan para menteri pada Sabut (4/4), Modi meninjau kesiapan rumahsakit dan fasilitas karantina. Dia pun mengarahkan para pejabat untuk memastikan ketersediaan peralatan perlindungan medis yang memadai.



TERBARU

[X]
×