kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Output Industri dan Penjualan Ritel China di Januari-Februari Naik Lampaui Ekspektasi


Senin, 18 Maret 2024 / 10:04 WIB
Output Industri dan Penjualan Ritel China di Januari-Februari Naik Lampaui Ekspektasi
ILUSTRASI. Output pabrik China meningkat pada periode Januari-Februari dan melampaui ekspektasi.. REUTERS/Jason Lee/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Output pabrik China meningkat pada periode Januari-Februari dan melampaui ekspektasi.

Mengutip Reuters, Senin (18/3), berdasarkan data yang dirilis Biro Statistik Nasional (NBS), output industri naik 7,0% dalam dua bulan pertama tahun ini. Kenaikan ini melebihi perkiraan analis dalam jajak pendapat Reuters yang sebesar 5%.Ini merupakan pertumbuhan tercepat dalam hampir dua tahun.

Sementara itu, data penjualan ritel naik 5,5%, lebih tinggi dari perkiraan analis sebesar 5,2%. Namun, pertumbuhan penjualan ritel yang menjadi ukuran konsumsi ini melambat dari Desember 2023 yang sebesar 7,4%.

Baca Juga: Tanda-tanda Pemulihan Ekonomi China Memudar Lagi

Liburan Tahun Baru Imlek selama delapan hari di bulan Februari menunjukkan kembalinya sektor perjalanan dengan baik, sehingga mendukung pendapatan sektor pariwisata dan perhotelan.

Investasi aset tetap meningkat 4,2% dalam dua bulan pertama tahun 2024 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,dan dibandingkan ekspektasi kenaikan 3,2%. 

Bersama dengan data perdagangan dan inflasi konsumen yang lebih baik dari perkiraan, indikator-indikator yang dirilis pada hari Senin ini akan memberikan dorongan sementara bagi para pembuat kebijakan ketika mereka mencoba untuk menopang pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut agar tetap berada pada jalur ekspansi sekitar 5% tahun ini. 

Namun para analis mengatakan pencapaian pertumbuhan tersebut akan lebih menantang dibandingkan tahun lalu, yang memiliki dampak dasar yang lebih rendah akibat pembatasan Covid pada tahun 2022. 

Selain itu, sektor properti masih lemah dan dapat terus menjadi hambatan utama bagi pemulihan yang solid tahun ini.

Investasi properti turun 9,0% secara tahunan pada bulan Januari-Februari, dibandingkan dengan penurunan 24,0% pada bulan Desember namun masih jauh dari tingkat stabil.

NBS menerbitkan gabungan data output industri dan penjualan ritel bulan Januari dan Februari untuk menghaluskan distorsi yang disebabkan oleh pergeseran waktu Tahun Baru Imlek. 

Aktivitas meningkat dalam dua bulan pertama tahun 2023 seiring dengan dicabutnya pembatasan Covid, yang mungkin menciptakan efek dasar yang tidak terlalu bagus untuk data tahun ini.

Perdana Menteri Li Qiang berjanji pada pertemuan parlemen tahunan awal bulan ini untuk mengubah model pertumbuhan negara dan mengurangi risiko di sektor properti dan utang pemerintah daerah.

China berencana menerbitkan obligasi negara khusus jangka panjang senilai 1 triliun yuan untuk mendukung beberapa sektor utama dan menetapkan kuota yang lebih tinggi untuk penerbitan obligasi khusus pemerintah daerah tahun ini.

Baca Juga: Harga Minyak Naik Karena Data Ekonomi China Melampaui Ekspektasi

Gubernur bank sentral negara tersebut, Pan Gongsheng, juga mengatakan pada konferensi pers pada tanggal 6 Maret bahwa masih ada ruang untuk memotong persyaratan rasio cadangan bank (RRR), menyusul pemotongan 50 basis poin yang diumumkan pada bulan Januari, yang merupakan penurunan terbesar dalam dua tahun. 

Financial News pada hari Jumat mengatakan bank tersebut tidak memiliki niat untuk secara aktif menguras uang tunai, setelah mempertahankan suku bunga dan menarik uang tunai dari operasi pinjaman kebijakan jangka menengah untuk pertama kalinya dalam 16 bulan.

Pihak berwenang pada bulan Januari meluncurkan mekanisme daftar putih, meminta bank-bank pemerintah untuk meningkatkan pinjaman untuk proyek-proyek perumahan. Kota-kota besar lainnya termasuk Shanghai dan Shenzhen juga telah melonggarkan pembatasan pembelian untuk menarik minat pembeli rumah.

Pasar kerja memburuk dengan tingkat pengangguran berbasis survei nasional sebesar 5,3% pada bulan Januari-Februari, naik dari 5,1% pada bulan Desember.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×