kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,84   -10,68   -1.14%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pabrikan otomotif beradu model baru tahun 2019


Rabu, 09 Januari 2019 / 06:43 WIB
Pabrikan otomotif beradu model baru tahun 2019


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan mobil baru mulai panas di awal tahun. Pabrikan otomotif bersiap merilis model-model baru untuk menunjang penjualan.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencuri start dengan All New Camry yang diluncurkan kemarin. Meski tak dipasang target spesifik, model sedan premium ini diharapkan bisa memperbesar pasar sedan dan melengkapi portfolio Toyota.

Presiden Direktur Toyota-Astra Motor Yoshihiro Nakata mengatakan, pasar otomotif Indonesia tahun ini cenderung stabil atau mirip dengan tahun lalu. Dia mengatakan, kenaikan pasar tahun ini tidak akan drastis. "Tentu saja tahun ini juga banyak kompetitor, tapi kami tidak mau ketinggalan dan akan siap dengan pilihan model baru di setiap segmen," papar dia.

Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto tak menampik bahwa akan ada model baru lagi di tahun 2019. "Tunggu tanggal mainnya," ujar dia.

Presiden Direktur PT Hyundai Motor Indonesia, Mukiat Sutikno memaparkan tahun ini juga akan ada satu model baru yang diluncurkan. Selain itu ada satu atau dua limited edition variants yang akan juga diluncurkan pabrikan asal Korea Selatan ini. "Mungkin semester pertama 2019 akan diluncurkan," kata Mukiat kepada Kontan.co.id, Selasa (8/1).

Hyundai menargetkan penjualan domestik 1.800 unit dan ekspor antara 3.000 unit hingga 3.300 unit pada tahun ini. Penjualan tahun 2019 ditopang oleh tiga model utama yakni Santa Fe, H1, dan Tucson.

Hana Maharani, Head of Corporate Communications Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan, Nissan punya rencana jangka menengah yang kuat untuk pasar Indonesia, seperti produk dan jaringan diler. Terkait produk, salah satunya adalah SUV Terra sudah diluncurkan, dan akan ada MPV baru. "Namun, informasi lebih lanjut terkait hal tersebut belum bisa disampaikan saat ini," kata Hana.

Sementara itu pemain Jepang yakni Mazda juga optimis tahun ini penjualan akan naik. Ricky Thio, Direktur Sales, Marketing and Public Relation, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menjelaskan rencana ada penyegaran model baru Mazda di semester kedua 2019. "Di beberapa model," kata Ricky.

Dari catatan Kontan.co.id, pabrikan asal Tiongkok juga akan meluncurkan varian baru. Misalnya Wuling Motors (Wuling) akan meluncurkan mobil di kelas SUV. Selain itu DFSK juga kabarnya akan meluncurkan jenis SUV terbarunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×