kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakistan berharap bisa gelar latihan militer bersama dengan kapal induk China


Senin, 08 Februari 2021 / 15:38 WIB
Pakistan berharap bisa gelar latihan militer bersama dengan kapal induk China
ILUSTRASI. Laksamana Madya?Syed Arifullah Hussaini meninjau kesiapan pasukan Angkatan Laut Pakistan di Karachi.


Sumber: Global Times | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KARACHI. Laksamana M. Amjad Khan Niazi, Kepala Staf Angkatan Laut Angkatan Laut Pakistan, baru-baru ini mengungkapkan minatnya untuk melakukan latihan militer bersama dengan kapal induk milik Angkatan Laut China.

Dilansir dari Global Times, Niazi menyambut baik jika kapal induk China bersedia datang ke wilayah mereka, apalagi jika bisa melakukan latihan militer bersama.

"Sangat menggembirakan saat tahu Angkatan Laut China saat ini sudah mengoperasikan dua kapal induk," ungkap Niazi.

Kepada Global Times, petinggi Angkatan Laut Pakistan tersebut mengatakan siap menyambut kunjungan Angkatan Laut China setiap kali ada kesempatan.

"Angkatan Laut Pakistan ingin melakukan latihan dengan kapal induk ini setiap kali ada kesempatan. Kapal Angkatan Laut China dan Angkatan Laut Pakistan secara teratur mengunjungi pelabuhan masing-masing," lanjut Niazi.

Baca Juga: China terjunkan jet J-10C dan J-11B baru dalam latihan gabungan dengan Pakistan

Mulai Desember 2019 lalu, kapal induk Shandong mulai beroperasi sekaligus menjadi kapal induk China yang kedua setelah Liaoning.

Beberapa tahun belakangan ini hubungan militer China dan Pakistan terlihat semakin erat. Dua negara yang sama-sama bersinggungan dengan India ini juga telah beberapa kali melakukan latihan militer bersama.

Angkatan Laut Pakistan dan Angkatan Laut China bergabung dalam latihan militer bilateral bertajuk Sea Guardian dan latihan militer multilateral Aman 21 bersama China dan 43 negara lainnya termasuk AS, China, Inggris, Australia, Italia, Turki, hingga Malaysia.

Angkatan Laut Pakistan akan menjadi tuan rumah latihan Aman 21 di Laut Arab Utara yang berlangsung bulan ini dengan misi untuk mencapai perdamaian regional dan melawan tantangan maritim.

Selanjutnya: China luncurkan seri kapal fregat baru, langsung diserahkan ke Pakistan




TERBARU

[X]
×