kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Palestina menuduh Israel telah memblokir vaksin COVID-19 ke Gaza


Selasa, 16 Februari 2021 / 15:44 WIB
Palestina menuduh Israel telah memblokir vaksin COVID-19 ke Gaza
ILUSTRASI. Anggota pasukan keamanan Hamas Palestina. REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa


Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - RAMALLAH. Otoritas Palestina pada hari Senin menuduh Israel menolak mengizinkan sekitar 2.000 dosis vaksin virus corona yang ditujukan untuk petugas kesehatan Gaza ke jalur pantai yang diblokade.

Kementerian kesehatan Palestina, yang berbasis di Tepi Barat yang diduduki, telah merencanakan untuk mengirim dosis Sputnik V Rusia ke Gaza, wilayah terpisah yang dijalankan oleh Hamas. Tetapi pada Senin malam, kementerian mengatakan Israel telah memblokir transfer tersebut.

Israel memikul "tanggung jawab penuh atas tindakan sewenang-wenang ini", kata menteri Mai Al-Kaila dalam sebuah pernyataan.

COGAT, otoritas Israel yang menjalankan urusan sipil di wilayah Palestina yang diduduki, mengatakan Palestina telah meminta untuk dikirim 1.000 dosis vaksin ke Gaza tetapi "permintaan ini menunggu keputusan politik."

Sumber-sumber Israel mengatakan kepada AFP dalam beberapa hari terakhir bahwa pengiriman itu bukan tindakan administratif sederhana di bawah lingkup COGAT, melainkan keputusan politik yang mungkin terkait dengan pembicaraan antara Hamas dan Israel.

Baca Juga: Tambah 23 juta vaksin, Korea Selatan sudah amankan 56 juta vaksin Covid-19

Kedua belah pihak telah berperang tiga kali sejak 2008, dan Israel telah menuntut pembebasan dua sandera Israel yang dilaporkan masih di Gaza serta sisa-sisa dua tentara yang tewas dalam perang terakhir, pada 2014.

Sebelumnya Senin, Palestina mengatakan telah menunda peluncuran kampanye vaksinasi di Tepi Barat karena penundaan pengiriman. Dikatakan, pihaknya mengantisipasi pengiriman pada pertengahan bulan ini, memungkinkannya untuk mulai memvaksinasi masyarakat umum di Tepi Barat yang diduduki sambil berbagi dengan Hamas.

"Ada penundaan dalam kedatangan vaksin," kata Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtayyeh menjelang pertemuan kabinet mingguan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dia mengatakan peluncuran vaksinasi untuk masyarakat umum akan diumumkan "di lain waktu", ketika persediaan yang cukup tiba.

Palestina mengharapkan sekitar dua juta dosis yang dipesan dari berbagai produsen, selain vaksin dari program Covax yang didukung PBB, yang disiapkan untuk membantu negara-negara miskin mendapatkan vaksin.Mereka mulai memvaksinasi pekerja perawatan kesehatan garis depan awal bulan ini dengan pengadaan awal 10.000 dosis vaksin Sputnik V, serta beberapa ribu dosis produk Moderna melalui Israel.

Selanjutnya: Akhirnya, WHO menyetujui vaksin AstraZeneca untuk penggunaan darurat




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×