kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panas! Amerika jatuhkan sanksi ekonomi atas Moskow dan mengusir 10 diplomat Rusia


Kamis, 15 April 2021 / 20:39 WIB
Panas! Amerika jatuhkan sanksi ekonomi atas Moskow dan mengusir 10 diplomat Rusia
ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden menyampaikan pidato di East Room Gedung Putih, di Washington, Amerika Serikat, Kamis (11/3/2021). REUTERS/Tom Brenner.


Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat mengumumkan sanksi ekonomi terhadap Rusia pada Kamis (15/4) dan pengusiran 10 diplomat sebagai pembalasan atas apa yang Washington katakan sebagai campur tangan Kremlin dalam Pemilihan Presiden AS, serangan dunia maya besar-besaran, dan aktivitas bermusuhan lainnya.

Presiden Joe Biden memerintahkan pelebaran pembatasan pada bank-bank AS yang memperdagangkan surat utang Pemerintah Rusia, mengusir 10 diplomat yang termasuk tersangka mata-mata, dan memberi sanksi kepada 32 orang yang diduga mencoba mencampuri Pemilihan Presiden 2020, Gedung Putih mengatakan.

Perintah eksekutif Biden "mengirimkan sinyal bahwa Amerika Serikat akan mengenakan sanksi dengan cara yang strategis dan berdampak secara ekonomi pada Rusia jika itu berlanjut atau meningkatkan tindakan internasionalnya yang tidak stabil," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Channel News Asia.

Pernyataan tersebut pertama-tama mencantumkan "upaya Moskow untuk merusak pelaksanaan pemilihan umum demokratis yang bebas dan adil serta lembaga-lembaga demokrasi di Amerika Serikat serta sekutu dan mitranya".

Baca Juga: Jerman dan AS minta Rusia tarik pasukan dari perbatasan Ukraina

Ini merujuk pada tuduhan bahwa badan intelijen Rusia terus-menerus melakukan disinformasi dan kampanye trik kotor selama Pemilihan Presiden AS 2016 dan 2020, sebagian untuk membantu pencalonan Donald Trump.

Gedung Putih menyatakan, sanksi itu juga menanggapi "aktivitas dunia maya yang berbahaya terhadap Amerika Serikat dan sekutu serta mitranya", merujuk pada apa yang Washington sebut peretasan besar-besaran SolarWinds terhadap sistem komputer Pemerintah AS tahun lalu.

Pernyataan Gedung Putih itu juga menyebut tindakan ekstrateritorial Rusia "menargetkan" para pembangkang dan jurnalis serta merusak keamanan di negara-negara yang penting bagi keamanan nasional AS.

Selain itu, Departemen Keuangan AS bersama dengan Uni Eropa, Australia, Inggris, dan Kanada memberikan sanksi kepada delapan individu dan entitas yang terkait dengan pendudukan Rusia atas Krimea di Ukraina.

Di Brussel, Belgia, aliansi militer NATO mengatakan, mereka "mendukung dan berdiri dalam solidaritas dengan Amerika Serikat, menyusul pengumuman tindakan 15 April untuk menanggapi kegiatan destabilisasi Rusia".

Selanjutnya: Rusia: Amerika Serikat adalah musuh kami!




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×