kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,15   -24,18   -2.48%
  • EMAS989.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Pandemi Covid-19 bikin investasi modal ventura global mencapai rekor tertinggi


Kamis, 22 Juli 2021 / 13:19 WIB
Pandemi Covid-19 bikin investasi modal ventura global mencapai rekor tertinggi
ILUSTRASI. Ilustrasi modal ventura


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Investasi modal ventura global berada pada level rekor sepanjang tahun ini. Ini didorong oleh lonjakan ekuitas, likuiditas yang lebih tinggi, dan peningkatan minat pada startup di sektor-sektor yang diuntungkan oleh pandemi virus corona.

Menurut data Refinitiv, dana modal ventura global menginvestasikan US$ 268,7 miliar sejauh ini pada tahun 2021. Jauh melampaui total investasi mereka sebesar US$ 251,2 miliar setahun sebelumnya, mengutip Reuters, Kamis (22/7). 

Lebih jauh, sebagian besar dari kesepakatan investasi itu mengalir ke perusahaan perangkat lunak, e-commerce, dan perawatan kesehatan digital. Utamanya, perusahaan teknologi keuangan yang produk dan layanannya memiliki permintaan yang kuat selama pandemi.

"Pembatasan mobilitas secara masif dan perubahan perilaku konsumen telah memicu pertumbuhan untuk startup digital. Pada gilirannya, ini mempercepat selera investor," kata Jaime Moreno, chief operating officer Secfi, penyedia alat perencanaan ekuitas yang berbasis di San Francisco untuk karyawan startup.

Raihan pendanaan tahap akhir telah menarik bagian terbesar dari dana tersebut. Tercermin perusahaan modal ventura global menyalurkan dana sehingga US$ 195,3 miliar, atau sekitar 73% dari total investasi mereka. Sementara perusahaan dengan pendanaan tahap awal telah menerima US$ 73,4 miliar.

Baca Juga: Amvesindo mendukung program vaksinasi gratis untuk masyarakat

"Modal ventura terus mengalir ke startup tahap selanjutnya. Hal ini didorong oleh euforia beberapa tahap akhir yang besar baru-baru ini. 
"Selain itu, perusahaan modal ventura duduk di atas banyak bubuk kering," kata Swati Chaturvedi, chief executive officer dari platform investasi malaikat Propel X yang berbasis di San Francisco.

Selain itu, tren suku bunga terendah juga mengurangi minat investor menempatkan dana di produk perbankan. Para pemodal mendiversifikasi portofolio mereka dan melihat serangkaian keberhasilan startup juga telah mendorong investor global untuk menyisihkan lebih banyak uang untuk dana modal ventura tahun ini.

Modal ventura AS mengumpulkan dana sehingga US$ 70 miliar pada paruh pertama tahun ini.  Nilai itu meningkat 65% dari tahun sebelumnya, menurut data Refinitiv. Dana Asia dan Eropa masing-masing mengumpulkan US$ 16,1 miliar dan US$ 8,2 miliar, jauh lebih tinggi daripada tahun 2020.

"Tahun pemecahan rekor untuk pendanaan modal ventura secara global adalah hasil dari ekonomi kreatif menjadi kelas aset yang sah dan investor mengetahui bahwa mereka perlu memiliki alokasi. Perusahaan hanya tinggal pribadi lebih lama dari sebelumnya, sehingga penciptaan kekayaan sebagian besar di sektor swasta saat ini" kata Jeff Ransdell, direktur pelaksana Fuel Venture Capital yang berbasis di Miami, Florida.

Bulan lalu, perusahaan modal ventura Accel mengumpulkan lebih dari US$3 miliar di tiga dana investasi baru untuk mendukung perusahaan di Amerika Serikat, Eropa, dan Israel. Sejak 2019, 10 perusahaan tempat Accel berinvestasi telah dipublikasikan, termasuk Slack, Bumble, UiPath, CrowdStrike, dan Deliveroo.

Perusahaan modal ventura ilmu kehidupan Vida Ventures mengumpulkan US$ 825 juta bulan lalu dalam putaran pendanaan kelebihan permintaan untuk dana ketiganya dari investor institusi blue-chip yang ada dan baru di seluruh dunia.

Data dari CB Insights menunjukkan Tiger Global dan Andreessen Horowitz memimpin aktivitas kesepakatan pada kuartal kedua.

Selanjutnya: Sukses Mendirikan Modal Ventura, Meski Dimusuhi Warga Lembah Silikon

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×