kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Para Ilmuwan Temukan Gunung Berapi Es di Pluto, Begini Penampakannya


Jumat, 01 April 2022 / 10:24 WIB
Para Ilmuwan Temukan Gunung Berapi Es di Pluto, Begini Penampakannya
ILUSTRASI. Para Ilmuwan Temukan Gunung Berapi Es di Pluto, Begini Penampakannya


Sumber: CNET | Editor: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Para ilmuwan temukan gunung es berapi di Pluto. Penampakan gunung berapi es di Pluto ini tertangkap citra misi New Horizons NASA yang sudah terbang sejak tahun 2015 lalu.

Meski Pluto masih menjadi perdebatan oleh para ilmuwan, ternyata planet kerdil yang sangat jauh ini masih menyimpan misteri. Namun, penelitian yang sudah dilakukan bertahun-tahun akhirnya membuahkan hasil.

Tim ilmuwan akhirnya melihat bukti bahwa gunung berapi es yang relatif baru ada di Pluto.

Mengutip dari Cnet (1/04/2022), misi New Horizons NASA mengirim kembali beberapa pemandangan Pluto yang menakjubkan selama terbang sejak tahun 2015 lalu. Data pesawat ruang angkasa menunjukkan bahwa adanya cryovolcanism (versi es dari vulkanisme yang ada di Bumi).

NASA telah mengamati bahwa cryovolcano seukuran gunung Mau Loa. Asal Anda tahu, gunung Mau Laoa sendiri merupakan satu dari lima gunung berapi yang membentuk pulau Hawaii.

Cryovolcano di Pluto ini punya sebutan Wright Mons. Studi terbaru yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Communications pada hari Selasa (29/03/2022) ini menunjukkan bahwa firasat NASA ternyata benar.

Ilmuwan planet bernama Kelsi Singer dari Southwest Research Institute adalah penulis utama dari studi tersebut.

Baca Juga: Mengenal Benda Langit yang Mengelilingi Planet, Jenisnya Ada Dua yaitu Alami & Buatan

Penampakkan Gunung Berapi Es di Pluto

Gunung berpai es Pluto sangat mengesankan, dbeberapa dengan ketinggian mencapai 4,3 mil (sekitar 7 km). Mereka ditemukan di daerah dengan beberapa kawah tumbukan, mengisyaratkan bahwa gunung berapi yang memuntahkan lumpur sehingga membentuk kembali permukaan yang relatif baru dalam sejarah planet kerdil ini.

Ya, Pluto ini disebut planet kerdil dan tak lagi masuk dalam daftar planet di dalam Tata Surya.

Supaya gunung berapi es ini dapat aktif, mereka harus memiliki sumber panas.

"Keberadaan fitur yang masif ini menunjukkan struktur interior dan evolusi Pluto memungkinkan peningkatan retensi panas atau lebih banyak panas secara keseluruhan yang diantisipasi sebelum New Horizons, yang memungkinkan mobilisasi bahan kaya air-es di akhir sejarah Pluto," tulis para peneliti dalam penelitian terbarunya ini.

Tim peneliti juga membagikan penampakan wilayah cryovolcanic atau gunung berapi es yang terlihat menakjubkan. 

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Asteroid dan Meteoroid, Benda Langit yang Terkadang Mampir ke Bumi

Dengan temuan barunya ini, para ilmuwan telah melihat bukti bahwa gunung berapi es di bagian lain tata surya ternyata ada. Terutama di planet kerdil Ceres dan bulan Saturunus yang bernama Titan.

Penulis studi tersebut mengungkapkan bahwa gunung es berapi Pluto dan permukaan yang berbeda dan knodisi atmosfer membuatnya unik di antara tempat-tempat lain di Tata Surya yang sempat dikunjungi.

Menurut Anda bagaimana penampakan gunung berapi es di Pluto ini? Apakah terlihat seperti gunung atau hanya gundukan seperti bukit?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×