kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasangan EUR/GBP tumbuh di tengah isu Brexit dan ekonomi Jerman yang negatif


Selasa, 28 Mei 2019 / 18:59 WIB
Pasangan EUR/GBP tumbuh di tengah isu Brexit dan ekonomi Jerman yang negatif


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan pasangan EUR/GBP terpantau tumbuh pada perdagangan hari ini. Brexit yang semakin abu-abu nampaknya lebih direspons pasar ketimbang pelemahan ekonomi Jerman.

Berdasarkan data Bloomberg, Selasa (28/5) pukul 15.51 WIB pasangan mata uang EUR/GBP tumbuh 0,12% di level 0,8838. Edyson mengatakan berita Brexit yang terlalu lama membuat kemunduran Perdana Menteri (PM) Inggris, Theresa May tidak berdampak banyak pada poundsterling.

Ketidakpasitan Brexit makin bertambah setelah pekan lalu Perdana Menteri (PM) Inggris, Theresa May berencana mengundurkan diri yang efektif per 7 Juni mendatang. Kepergian May akan memperdalam krisis Brexit karena pemimpin baru kemungkinan menginginkan perpecahan yang lebih tegas, meningkatkan kemungkinan konfrontasi dengan Uni Eropa dan kemungkinan pemilihan cepat parlemen yang tidak dapat diprediksi.

Di sisi lain hari ini rilis data Ekonomi Jerman negatif. Misalnya data trade balance Jerman bulan April mencapai 2,29 miliar, di bawah ekspektasi 2,98 miliar dan pencapaian bulan sebelumnya sebesar 3,35 miliar. Tak Kalah negatif, dalam periode yang sama data consumer climate Jerman berada di level 10,1 di bawah ekspektasi 10,4 dan pencapaian bulan sebelumnya di level 10,2.

Kepala Riset Astronacci International Sekuritas, Anthonius Eddyson mengatakan biar data ekonomi Jerman terkoreksi, euro masih bisa menjaga peformanya setelah pernyataan European Central Bank (ECB) yang tidak akan memangkas surplus jerman. “Pasar lebih merespon Brexit yang makin tidak jelas ketimbang data ekonomi Jerman,” kata Edyson kepada Kontan, Selasa (28/5).

Edyson mengamati berdasarkan price action analysis, EUR/GBP tampak masih berada dalam bullish trend dengan konfirmasi yang selalu bergerak di atas moving average (MA). Makanya ia merekomendasikan buy on weakness selama EUR/GBP berada di atas garis MA.

Pada perdagangan selanjutnya, Edyson meramal pasangan mata uang EUR/GBP bakal berada di kisaran 0,8723-0,8686. Sementara level resistance antara 0,8928-0,8886.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×