kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Wuhan yang disebut jadi sumber virus corona kabarnya akan dihancurkan


Jumat, 09 April 2021 / 10:11 WIB
Pasar Wuhan yang disebut jadi sumber virus corona kabarnya akan dihancurkan
ILUSTRASI. Seorang petugas polisi berdiri di depan pasar makanan laut yang ditutup di Wuhan, provinsi Hubei, Cina 10 Januari 2020.


Sumber: Kyodo | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pasar Wuhan yang setahun terakhir diduga jadi sumber penyebaran virus corona penyebab Covid-19 kabarnya akan segera dimusnahkan, media lokal melaporkan pada hari Kamis (9/4).

Melansir Kyodo, langkah ini kemungkinan akan menuai kritik dari komunitas internasional karena dinilai sebagai upaya pemerintah China untuk menghalangi penyelidikan.

Pasar yang terletak pusat kota Wuhan ini diduga jadi titik awal penyebaran virus corona yang berujung pada pandemi Covid-19 selama satu tahun terakhir.

Covid-19 sendiri mulai terlacak di Wuhan pada akhir 2019. Sebagaian besar penderita awalnya merupakan orang-orang yang beraktivitas di sekitar pasar tersebut.

Pasar tersebut merupakan pusat penjualan hewan liar seperti kelelawar dan ular, serta makanan laut pada umumnya. Pasar ini telah telah ditutup sejak Januari 2020 dan telah disterilkan secara menyeluruh oleh otoritas China.

Baca Juga: WHO rilis penyelidikan asal usul virus corona penyebab Covid-19, ada 4 kemungkinan

Akhir Januari ini tim ahli dari WHO melakukan penyelidikan selama satu jam di pasar tersebut dan menyimpulkan tidak ada bukti jelas bahwa virus itu berasal dari sana.

Investigasi tentang asal usul virus corona penyebab Covid-19 yang dilakukan tim gabungan WHO-China membuahkan hasil. Namun, temuan asal usul virus corona penyebab Covid-19 tersebut masih berupa sejumlah kemungkinan.

Sebuah studi gabungan tersebut mengatakan bahwa penularan virus dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain adalah skenario yang paling mungkin. Kelelawar juga jadi salah satu jenis hewan yang diperdagangkan di pasar Wuhan.

Draf laporan tidak meyakinkan apakah wabah dimulai di pasar makanan laut Wuhan yang memiliki salah satu kelompok kasus paling awal pada Desember 2019. 

Tetapi laporan tersebut mencatat mungkin ada kasus yang lebih ringan yang tidak terdeteksi dan itu bisa menjadi hubungan antara pasar dan kasus sebelumnya

“Karena itu, tidak ada kesimpulan pasti tentang peran pasar Huanan dalam asal mula wabah, atau bagaimana infeksi masuk ke pasar, saat ini dapat ditarik,” tulis laporan itu.

Selanjutnya: Soal kemungkinan kebocoran laboratorium China, WHO siap kerahkan misi tambaha




TERBARU

[X]
×