Paspor Terkuat Dunia 2022, Apakah Indonesia Masuk Daftar 10 Besar?

Senin, 25 Juli 2022 | 08:45 WIB Sumber: Kompas.com
Paspor Terkuat Dunia 2022, Apakah Indonesia Masuk Daftar 10 Besar?

ILUSTRASI. Jepang menyabet predikat paspor terkuat di dunia 2022, karena akses bebas visa ke 193 destinasi ke pemegang paspor.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam laporan The Henley Passport Index: Q3 2022, Henley & Partners merilis daftar paspor terkuat di dunia 2022.  

Asal tahu saja, Henley & Partners merupakan konsultan kewarganegaraan dan tempat tinggal global yang berbasis di London, Inggris.  

“The Henley Passport Index adalah peringkat asli dan paling otoritatif dari semua paspor dunia, berdasarkan jumlah destinasi yang dapat diakses pemegangnya tanpa visa,” tulis laporan The Henley Passport Index: Q3 2022, dikutip Jumat (22/7/2022). 

Berikut daftar 10 paspor terkuat di dunia. Ada sejumlah negara dalam satu peringkat karena nilainya imbang. 

1. Jepang (193 destinasi)  
2. Singapura dan Korea Selatan (192 destinasi) 
3. Jerman dan Spanyol (190 destinasi) 
4. Finlandia, Italia, dan Luksemburg (189 destinasi)  
5. Austria, Denmark, Belanda, dan Swedia (188 destinasi) 
6. Perancis, Irlandia, Portugal, dan Inggris (187 destinasi) 
7. Belgia, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, dan AS  (186 destinasi) 
8. Australia, Kanada, Republik Ceko, Yunani, dan Malta (185 destinasi)  
9. Hungaria (183 destinasi) 
10. Lituania, Polandia, dan Slovakia (182 destinasi). 

Baca Juga: 9 Syarat Pakai City Check-in bagi Penumpang Lion Air Group, Tak Perlu Lagi Check-in

Jika melihat data tersebut, negara Asia memimpin peringkat dua besar. Jepang menyabet predikat paspor terkuat di dunia 2022, lantaran memberikan akses bebas visa ke 193 destinasi bagi pemegang paspor. 

Disusul oleh Singapura dan Korea Selatan pada peringkat kedua (nilai imbang), yang memberikan akses bebas visa ke 192 destinasi bagi pemegang paspor.  

Meskipun negara Asia memimpin dua besar, namun negara-negara di Eropa mendominasi peringkat atas paspor terkuat di dunia 2022, berdasarkan informasi dari CNN.  

Negara-negara Eropa yang berada di peringkat 10 besar antara lain, Jerman dan Spanyol (190 destinasi) pada peringkat ketiga. Kemudian,  Finlandia, Italia, dan Luksemburg (189 destinasi) menduduki posisi keempat dan Austria, Denmark, Belanda, dan Swedia (188 destinasi) yang imbang di peringkat kelima.  

Sementara, Perancis, Irlandia, Portugal, dan Inggris (187 destinasi) berada di urutan keenam. Sedangkan, Belgia, Norwegia, dan Swiss (186 destinasi) berada di posisi ketujuh bersama Selandia Baru dan AS. 

Adapun Afghanistan berada di peringkat paling akhir atau sebagai paspor paling lemah 2022. Pemegang paspor Afghanistan hanya mendapatkan akses bebas visa ke 27 destinasi.  

Baca Juga: Ribuan Orang Kaya Siap Angkat Kaki dari China, Ada Apa?

Penilaian paspor terkuat Berdasarkan laporan The Henley Passport Index: Q3 2022, penilaian paspor terkuat mencakup 199 paspor dan 227 destinasi perjalanan. 
Sumber data diambil dari Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional atau International Air Transport Association (IATA).  

“Pemeringkatan ini didasarkan pada data eksklusif dari International Air Transport Association (IATA), yang mengelola database informasi perjalanan terbesar dan paling akurat di dunia,” tulis laporan The Henley Passport Index: Q3 2022.  

Setiap paspor dinilai berdasarkan total destinasi bebas visa yang dapat diakses pemegang paspor. Paspor akan mendapatkan nilai satu untuk setiap destinasi bebas visa.  

Nilai yang sama berlaku jika pemegang paspor memperoleh fasilitas visa pada saat kedatangan (visa on arrival), izin pengunjung, atau electronic travel authority (ETA) pada saat memasuki destinasi.  

Sebaliknya, jika pemegang paspor membutuhkan visa atau harus mengajukan permohonan visa elektronik (e-Visa) yang disetujui pemerintah sebelum keberangkatan, maka skornya adalah nol. 

Hal yang sama berlaku jika mereka membutuhkan persetujuan pra-keberangkatan untuk visa saat kedatangan.  

Peringkat Indonesia 

Lantas, berapa peringkat Indonesia? 

Berdasarkan laporan The Henley Passport Index: Q3 2022, Indonesia berada di peringkat 76. Posisi Indonesia imbang dengan tiga negara lainnya yakni Kenya, Tanzania, dan Zambia.  

Tercatat, Indonesia bersama tiga negara tersebut memberikan akses bebas visa ke 72 destinasi bagi pemegang paspor.  

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Paspor Terkuat di Dunia 2022, Indonesia Nomor Berapa?"
Penulis : Ulfa Arieza
Editor : Ulfa Arieza

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru