kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paus Fransiskus mengajak umat Kristen di seluruh dunia untuk mendoakan Afghanistan


Senin, 30 Agustus 2021 / 09:18 WIB
Paus Fransiskus mengajak umat Kristen di seluruh dunia untuk mendoakan Afghanistan
ILUSTRASI. Paus Fransiskus mengayunkan pembakar dupa saat bersiap untuk merayakan Ekaristi selama Misa Paskah di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Minggu (4/4/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - VATIKAN. Pemimpin Gereja Katolik dunia sekaligus kepala negara Vatikan, Paus Fransiskus, pada hari Minggu (29/8) meminta umat Kristen di seluruh dunia untuk berdoa serta berpuasa demi perdamaian di Afghanistan.

Berbicara kepada para peziarah di Lapangan Santo Petrus untuk pemberkatan mingguan, Paus Fransiskus menyampaikan kekhawatirannya yang besar serta merasakan penderitaan mereka yang berduka atas insiden bom bunuh diri di bandara Kabul hari Kamis (26/8) lalu.

Secara khusus, Paus Fransiskus juga menegaskan bahwa dirinya akan dekat dengan semua pihak yang mencari bantuan dan perlindungan.

Pernyataan Paus tersebut seolah mengindikasikan bahwa Paus, dan Vatikan, siap memberikan bantuan kepada orang-orang yang kini berusaha meninggalkan Afghanistan.

"Sebagai umat Kristen, situasi seperti ini harus menyatukan semuanya. Dan karena itu, saya mengimbau kepada semua orang untuk berdoa secara intensif dan melaksanakan puasa, doa dan puasa, doa dan taubat. Sekarang saatnya untuk melakukannya," ungkap Paus Fransiskus, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Menlu China berharap dunia bisa membimbing Taliban secara positif

Lebih lanjut, Paus meminta semua untuk terus membantu mereka yang membutuhkan, serta berdoa agar dialog dan solidaritas dapat membawa kehidupan yang damai dan persaudaraan yang menawarkan harapan bagi masa depan Afghanistan.

Di Afghanistan, jumlah umat Kristen sangatlah sedikit. Hampir semua umat Kristen yang ada merupakan orang asing yang bekerja di kedutaan atau pekerja bantuan di berbagai sektor.

Insiden bom bunuh diri di bandara Kabul pada hari Kamis mendapat perhatian khusus dari Paus Fransiskus. Serangan tersebut menewaskan puluhan warga Afghanistan dan 13 tentara AS yang ada di luar gerbang bandara.

Saat kejadian, bandara dipadati oleh ribuan orang yang masih berusaha melarikan diri dari Afghanistan sejak Taliban kembali menguasai negara tersebut.

Islamic State Khorasan (ISIS-K), afiliasi militan yang sebelumnya memerangi pasukan AS di Suriah dan Irak, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Selanjutnya: Kutuk aksi ISIS di bandara Kabul, Biden: Kami akan memburu kalian!




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×