kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemimpin Taliban berjanji tak akan bersembunyi lagi


Rabu, 18 Agustus 2021 / 15:42 WIB
Pemimpin Taliban berjanji tak akan bersembunyi lagi
ILUSTRASI. Mullah Abdul Ghani Baradar, wakil pemimpin dan perunding Taliban, dan anggota delegasi lainnya menghadiri konferensi perdamaian Afghanistan di Moskow, Rusia, 18 Maret 2021.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KABUL. Setelah berhasil menguasai Afghanistan, jajaran pemimpin Taliban berjanji untuk menunjukkan diri mereka kepada dunia dan tidak akan bersembunyi lagi.

Seorang pejabat Taliban pada Rabu (18/8) menegaskan, pihaknya akan lebih terbuka, tidak seperti 20 tahun terakhir di mana para pemimpinnya sebagian besar hidup secara rahasia.

"Perlahan, secara bertahap, dunia akan melihat semua pemimpin kami, tidak akan ada bayangan kerahasiaan," kata pejabat senior Taliban, yang menolak disebutkan namanya, kepada Reuters.

Pejabat itu mengatakan, anggota Taliban telah diperintahkan untuk tidak merayakan penguasaan mereka di Afghanistan untuk memberikan rasa aman. Tapi, semua warga sipil harus menyerahkan senjata dan amunisi.

Baca Juga: China berharap Taliban terapkan kebijakan agama yang moderat di Afghanistan

Dalam konferensi pers pertamanya pada Selasa (17/8), juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid menegaskan, kelompoknya tidak ingin konflik terus terjadi.

Para pemimpin Taliban disebut telah memaafkan semua pihak yang melawan mereka. Taliban memastikan tidak akan melakukan balas dendam.

Sejumlah janji turut disampaikan, termasuk menjamin hak-hak perempuan dalam bersekolah dan bekerja selama syariat Islam tetap ditegakkan.

Para pejabat Taliban juga berjanji untuk tidak akan berselisih dengan negara lain dan memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat internasional, termasuk Amerika Serikat yang selama ini memerangi mereka.

Demi kelangsungan hubungan internasional, Taliban berjanji untuk menjaga semua delegasi asing yang ada di Afghanistan, baik kedutaan dan stafnya atau perwakilan asing lainnya.

Selanjutnya: Wapres Afghanistan deklarasikan diri sebagai Presiden, ajak semua pihak lawan Taliban




TERBARU

[X]
×