kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penasihat Trump perkirakan banyak negara Arab akan mengikuti langkah UEA dan Bahrain


Rabu, 30 September 2020 / 21:11 WIB
Penasihat Trump perkirakan banyak negara Arab akan mengikuti langkah UEA dan Bahrain
ILUSTRASI. ormalisasi hubungan antara Israel dan sejumlah negara tetangga Timur Tengah. REUTERS/Tom Brenner


Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak tujuh negara Arab kemungkinan akan mengikuti arahan dari UEA dan Bahrain dengan menandatangani perjanjian untuk menormalkan hubungan dengan Israel, menurut Avi Berkowitz, penasihat khusus Presiden AS Donald Trump tentang negosiasi Timur Tengah.

Dia mengatakan bahwa para pemimpin politik dan bisnis Arab dan Muslim telah kecewa dengan penolakan kepemimpinan Palestina bahkan untuk membahas rencana "Damai untuk Kesejahteraan" untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina, yang diusulkan tahun lalu oleh pemerintahan Trump. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggambarkannya sebagai "kesepakatan abad ini".

Selama wawancara eksklusif dengan Arab News pada hari Selasa, Berkowitz menekankan bahwa pintu tetap terbuka untuk Palestina jika mereka setuju untuk bernegosiasi, tetapi Trump akan mencari alternatif jika mereka menolak untuk terlibat.

Dia menambahkan penolakan oleh beberapa pemimpin Palestina untuk bernegosiasi tidak akan lagi mencegah negara Arab dan Muslim lainnya untuk mengejar perdamaian dengan Israel, atau menghalangi AS untuk berbicara dengan pemimpin dan kelompok masyarakat Palestina lainnya.

“Kami bisa tidak setuju tentang detailnya. Kami bisa duduk di sekitar meja dan bernegosiasi, ”kata Berkowitz selama wawancara, yang akan disiarkan di stasiun radio Detroit WNZK pada pukul 8 pagi waktu setempat pada Rabu pagi.

Baca Juga: Profil Raja Salman, penguasa Arab Saudi yang sempat berseteru dengan Iran

“Tetapi jika Anda tidak ingin benar-benar meninjau rencana tersebut dan memikirkannya secara mendalam serta menjelaskan mengapa menurut Anda hal itu tidak dapat diterima, maka kami tidak benar-benar berbicara - kami semacam saling berbicara. Dan saya pikir banyak orang di wilayah ini yang melihatnya dan berkata 'kami tidak akan lagi mengizinkan ini menjadi hak veto atas kepentingan nasional kami.' ”

Berkowitz mengatakan bahwa sementara ada kursi di meja bagi kepemimpinan Palestina untuk membahas rencana perdamaian Trump, dalam ketidakhadiran mereka, pembicaraan sedang berlangsung dengan komunitas dan pemimpin bisnis Palestina lainnya, meskipun dia tidak menyebutkan nama mereka.

“Kami membuat rencana dan rencana itu membutuhkan solusi dua negara yang realistis,” katanya. “Ini menyerukan negara Palestina dengan ibu kota di wilayah Yerusalem Timur. Ini menyerukan akses gratis ke semua orang yang datang dengan damai ke semua situs suci, sehingga tidak ada yang bisa mengatakan bahwa dengan cara apa pun mereka dikepung. (Ia juga menawarkan) US$ 50 miliar dalam investasi, serta persediaan untuk orang-orang yang telah mengungsi: masalah pengungsi.

“Ini tidak diragukan lagi adalah sesuatu yang akan membuat kehidupan rakyat Palestina lebih baik dan akan mengubah arah kawasan. Dan ketika itu (diumumkan) banyak orang melihat bahwa Palestina menolak rencana tersebut bahkan sebelum dipublikasikan. Mereka bahkan tidak akan membacanya sebelum menolaknya - dan sejujurnya, itu tidak bisa diterima. "

Berkowitz mengatakan rasa frustrasinya sendiri dengan situasi ini "tidak ada artinya jika dibandingkan" dengan rasa frustrasi yang dapat didengar dari suara rakyat Palestina tentang tindakan para pemimpin mereka.

Selanjutnya: AS: Akan ada banyak negara Arab yang menandatangani kesepakatan damai dengan Israel




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×