kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,81   2,76   0.34%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Pencipta antivirus John McAfee gantung diri di penjara Spanyol


Kamis, 24 Juni 2021 / 06:13 WIB
Pencipta antivirus John McAfee gantung diri di penjara Spanyol
ILUSTRASI. Pengusaha teknologi AS kelahiran Inggris, John McAfee, meninggal dunia pada Rabu (23/6/2021) karena bunuh diri di penjara Barcelona.

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BARCELONA. Pengusaha teknologi AS kelahiran Inggris, John McAfee, meninggal dunia pada Rabu (23/6/2021) karena bunuh diri di penjara Barcelona. Menurut pengacaranya kepada Reuters, aksi ini dilakukan setelah pengadilan tinggi Spanyol mengizinkan ekstradisinya ke Amerika Serikat atas tuduhan penggelapan pajak.

Pengacara McAfee, Javier Villalba, mengatakan perintis perangkat lunak anti-virus meninggal dengan cara gantung diri setelah dipenjara selama  sembilan bulan hingga membuatnya putus asa.

Selama sidang pengadilan bulan lalu, McAfee, 75 tahun, mengatakan bahwa mengingat usianya, dia akan menghabiskan sisa hidupnya di penjara jika terbukti bersalah di Amerika Serikat. 

"Saya berharap pengadilan Spanyol akan melihat ketidakadilan ini," katanya. Dia menambahkan, Amerika Serikat ingin menggunakan dirinya sebagai contoh.

Baca Juga: Polisi Spanyol menahan pencipta perangkat lunak McAfee di Barcelona

McAfee telah hidup selama bertahun-tahun dalam pelarian dari otoritas AS, beberapa waktu di atas megacht. Dia didakwa di Tennessee atas tuduhan penghindaran pajak dan didakwa dalam kasus penipuan cryptocurrency di New York.

Pendiri perusahaan teknologi itu ditahan pada 3 Oktober di bandara Barcelona saat dia akan naik pesawat ke Istanbul dengan paspor Inggris, kata seorang sumber polisi Spanyol saat itu.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 ancaman internet yang bisa merusak hingga mencuri data

McAfee bekerja untuk NASA, Xerox dan Lockheed Martin sebelum meluncurkan anti-virus komersial pertama di dunia pada tahun 1987. Dia menjual perusahaan perangkat lunaknya ke Intel pada tahun 2011 dan tidak lagi terlibat dalam bisnis tersebut. Program ini masih membawa namanya dan memiliki 500 juta pengguna di seluruh dunia.




TERBARU

[X]
×