kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penerbangan domestik dan Jetstar terbangkan laba Qantas Group


Kamis, 23 Agustus 2018 / 20:25 WIB
Penerbangan domestik dan Jetstar terbangkan laba Qantas Group
ILUSTRASI. Qantas Bakal Tinggalkan Boeing 747, Pakai Dreamliners 787


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - SIDNEY. Qantas Group mengumumkan laba dasar sebelum pajak sebesar A$ 1,6 miliar untuk tahun fiskal 2018 yang jatuh pada 30 Juni tahun ini. Pencapaian tersebut merupakan angka tertinggi yang pernah dicapai maskapai nasional Australia ini.

Seluruh lini bisnis Qantas Group berkontribusi pada pencapaian tersebut. Bukan hanya didukung oleh permintaan yang tinggi pada beberapa pasar utama, kinerja unggul dari Qantas dan Jetstar pada ranah domestik juga menyumbang kinerja apik.

Chief Executive Officer Qantas, Alan Joyce mengatakan, pencapaian ini mencerminkan pasar yang kuat dan hasil dari kerja keras perusahaan.

“Qantas Group berhasil mencetak rekor laba meski harga minyak terus meningkat. Kami melampaui tantangan ini dengan baik lewat berbagai langkah terkait kapasitas dan efisiensi biaya. Kami juga memiliki program hedging (lindung nilai) untuk menghadapi tantangan ini,” urai Joyce dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (23/8).

Segmen bisnis penerbangan domestik milik Qantas Group berhasil mencatatkan laba dasar operasi senilai A$ 1,1 miliar. Angka ini naik 25% dari tahun keuangan 2017, yang mana merupakan rekor tersendiri bagi lini bisnis ini.

Adapun di segmen penerbangan luar negeri, Qantas International berhasil meningkatkan pendapatan sebesar 7% menjadi A$ 399 juta.

Upaya Qantas grup melakukan efisiensi (salah satunya lewat program penyempurnaan kabin A320 Jetstar) dan investasi pada layanan premium (seperti lounge dan Wi-Fi di atas pesawat Qantas) berbuah pada pertumbuhan margin perusahaan.

Sementara itu, permintaan atas layanan premium tetap tinggi, dan Jetstar berhasil menerbangkan 24 juta penumpang pada rute domestik dan internasional dengan harga tiket di bawah A$ 100.

Pada tahun 2018, Qantas International membuat perubahan penting pada struktur bisnisnya. Lini usaha ini memperkenalkan armada Boeing 787 yang baru, rute penerbangan Perth-London, dan penambahan rute dari Australia ke New Zealand bersama Emirates.

Perubahan ini menghasilkan penghasilan tambahan yang tercatat pada laporan keuangan 2018, dan diharapkan dapat terus berjalan hingga laporan keuangan 2019.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×