kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penerbitan global green bond tahun 2020 mencatat rekor tertingginya


Senin, 25 Januari 2021 / 14:27 WIB
Penerbitan global green bond tahun 2020 mencatat rekor tertingginya
ILUSTRASI. A worker cleans the floor of the New York Stock Exchange (NYSE) , U.S., March 20, 2020. REUTERS/Lucas Jackson/File Photo


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  LONDON. Penerbitan global green bond tahun lalu mencatat rekor tertingginya senilai US$ 269,5 miliar. Melansir Reuters, Senin (25/1) Climate Bonds initiative (CBI) menaksir tahun ini nilai penerbitan bisa mencapai US$ 400 miliar - US$ 450 miliar.

Meskipun mencetak rekor baru,namun sejatinya pertumbuhan tak terlalu signifikan dibandingkan tahun lalu dengan nilai penerbitan US$ 266,5 miliar. Ini akibat melambatnya aksi penerbitan pada kuartal II-2020 karena pandemi.

“Pandemi terbukti memberi dampak buruk terhadap ekonomi dan sosial. Meskipun penerbitan green bond tetap dapat bertahan dengan mencetak rekor anyar. Tahun ini pemulihan akan terjadi,” tulis CBI dalam laporannya.

Green bond merupakan surat utang berbunga tetap yang menghimpun dana guna proyek-proyek dengan memperhatikan kelestarian lingkungan seperti energi terbarukan , atau transportasi rendah emisi. Adapun pasar green bond mulai terbentuk sejak 2007.

Baca Juga: Mengukur pengaruh kemenangan Biden ke pasar saham Indonesia

Meskipun pangsa pasarnya masih kecil dibandingkan obligasi konvensional, green bond tetap menarik. Karena adanya kebutuhan untuk memenuhi target pengurangan emisi yang butuh triliunan Dollar dari publik maupun swasta.

Presiden terpilih AS Joe Biden pun turut mendukung tren penerbitan green bond. Ia kini tengah menyusun rencana buat AS bisa kembali ikut serta dalam Paris Agreement, sebuah komitmen global untuk mengurangi emisi karbon industri oleh swasta dan pemerintah.

Tahun lalu, penerbitan green bond di AS tercatat mencapai US$ 51,1 miliar dan menjadi yang paling tinggi. Selanjutnya ada Jerman yang menerbitkan US$ 40,2 miliar, kemudian Prancis senilai US$ 32,1 miliar.

Selanjutnya: Mengukur pengaruh kemenangan Biden ke pasar saham Indonesia




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×