kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45979,88   -2,07   -0.21%
  • EMAS1.179.000 1,29%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengadilan Delaware Sidangkan Sengketa Bisnis Berkshire dan Keluarga Haslam Januari


Minggu, 03 Desember 2023 / 09:50 WIB
Pengadilan Delaware Sidangkan Sengketa Bisnis Berkshire dan Keluarga Haslam Januari
ILUSTRASI. FILE PHOTO: Berkshire Hathaway CEO Warren Buffett plays bridge during the Berkshire annual meeting weekend in Omaha, Nebraska May 3, 2015. REUTERS/Rick Wilking/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - WILMINGTON, Delaware - Seorang hakim di Delaware menyatakan bahwa ia akan menggelar persidangan pada bulan Januari 2024 sesuai permintaan Berkshire Hathaway milik Warren Buffett (BRKa.N).

Namun persetujuan itu dengan syarat asalkan perusahaan tersebut setuju dengan beberapa kondisi, untuk menyelesaikan klaim bahwa miliarder Jimmy Haslam mencoba dengan tidak pantas meningkatkan sahamnya di jaringan truck stop.

Wakil Kanselir Morgan Zurn dari Pengadilan Chancery Delaware mengatakan dalam putusan pada hari Jumat bahwa efisiensi akan mendukung, dan mendengarkan klaim Berkshire bulan depan bersamaan dengan persidangan pada 8-9 Januari terkait klaim oleh keluarga Haslam bahwa Berkshire menurunkan nilai Pilot Travel Centers.

Sengketa ini berkaitan dengan seberapa banyak yang harus dibayar oleh Berkshire jika Haslam, termasuk pemilik Cleveland Browns Jimmy Haslam, menggunakan opsi mereka untuk menjual saham 20% mereka di jaringan truck stop terbesar negara ini kepada Berkshire dalam dua bulan pertama tahun 2024.

Zurn memberikan waktu kepada Berkshire hingga pukul 9 pagi waktu setempat (1400 GMT) pada hari Senin untuk memutuskan apakah perusahaan tersebut akan menerima persidangan pada bulan Januari dengan syarat bahwa penemuan fakta akan dibatasi hanya pada apa yang diperlukan untuk membela diri terhadap gugatan yang diajukan oleh keluarga Haslam.

Seorang pengacara untuk Berkshire tidak segera menanggapi permintaan untuk memberikan komentar. Seorang pengacara untuk keluarga Haslam menolak untuk memberikan komentar.

Berkshire mengatakan bahwa perusahaan tersebut akan menderita kerugian tak tergantikan jika kasusnya tidak diselesaikan sebelum Haslam menggunakan opsi mereka untuk menjual saham.

Berkshire memiliki 80% saham Pilot, setelah membayar Haslam sebesar $2.76 miliar untuk saham 38.6% pada tahun 2017 dan $8.2 miliar untuk saham 41.4% lainnya pada bulan Januari.

Setiap pihak saling menuduh mencoba memanipulasi pendapatan Pilot, dasar penilaian saham tersebut.

Haslam menggugat Berkshire pada bulan Oktober, menuduh perusahaan tersebut mencari "keuntungan besar" dengan mengadopsi akuntansi "pushdown" untuk Pilot.

Berkshire memberikan gugatan balik pada 28 November, mengatakan bahwa Jimmy Haslam mencoba memberi sogok eksekutif Pilot dengan jutaan dolar untuk meningkatkan pendapatan pada tahun 2023 dengan mengorbankan tahun-tahun mendatang.

Menurut dokumen pengadilan, Haslam percaya saham 20% Pilot tersebut bernilai $3.2 miliar sebelum perubahan akuntansi oleh Berkshire, suatu jumlah yang dibantah oleh Berkshire.

Pilot berbasis di Knoxville, Tennessee, dan memiliki sekitar 800 lokasi.

Berkshire juga memiliki puluhan bisnis lain termasuk kereta api BNSF dan perusahaan asuransi mobil Geico.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×