kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 -0,86%
  • RD.SAHAM -1.01%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Pengusaha terkaya Republik Ceko meninggal dunia, tinggalkan warisan Rp 252 triliun


Selasa, 30 Maret 2021 / 06:28 WIB
Pengusaha terkaya Republik Ceko meninggal dunia, tinggalkan warisan Rp 252 triliun
ILUSTRASI. ilustrasi. Pengusaha terkaya Republik Ceko meninggal dunia, tinggalkan warisan Rp 252 triliun

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Alaska. Pengusaha dan miliarder terkaya di Republik Ceko, Petr Kellner meninggal dunia. Pria terkaya di Republik Ceko itu meninggal karena kecelakaan helikopter di Alaska, Amerika Serikat (AS).

Kabar kematian miliarder tersebut dikatakan oleh perusahaan investasi PPF pada Senin (29/3/2021). Kellner tewas dalam usia 56 tahun. Diperkirakan, Kellner meninggalkan warisan senilai Rp 252 triliun.

Melalui situs resminya, PPF mengatakan bahwa lima orang tewas dalam kecelakaan helikopter tersebut. "Kami mengumumkan dengan sangat sedih bahwa pendiri dan pemilik mayoritas PPF, Petr Kellner, meninggal secara tragis," kata PPF dalam sebuah pernyataan.

Kellner adalah pebisnis yang menjulang tinggi di setelah keruntuhan komunisme di Republik Ceko sebagaimana dilansir Asia One. Menurut Forbes, kekayaannya diperkirakan mencapai 17,5 miliar dollar AS (Rp 252 triliun).

Perdana Menteri Andrej Babis menyampaikan belasungkawa atas kematian Kellner. "Tragedi yang luar biasa. Saya sangat menyesal," kata Babis di Twitter. Nama Kellner menjulang pada dekade 1990-an ketika dia mendirikan PPF sebagai perusahaan investasi.

Baca juga: Akhirnya, Warren Buffett bergabung dengan klub eksklusif US$ 100 miliar

Pada pertengahan 1990-an, PPF mengambil saham di bekas perusahaan asuransi nasional Ceska Pojistovna, batu loncatan untuk pertumbuhan lebih lanjut. PPF kemudian tumbuh di bidang asuransi, keuangan, telekomunikasi, manufaktur, media, dan bioteknologi dalam bisnis yang sayapnya melebar hingga ke Eropa, Asia, dan AS.

PPF adalah pemilik utama perusahaan pembiayaan Home Credit. Perusahaan ini berkembang pesat di China dan beberapa negara di Asia Tenggara. Perusahaan infrastruktur telekomunikasi PPF, Cetin, juga mengatakan sedang mempertimbangkan penawaran umum dan opsi lain.

Kellner tewas saat PPF mengakuisisi saham di bank Ceko Moneta Money Bank. Dia kerap menghindari perhatian publik tetapi dikenal sebagai pemain ski yang andal.

Pasukan Negara Bagian Alaska mengatakan pada Minggu bahwa lima orang, termasuk Kellner, tewas dan satu lainnya cedera dalam kecelakaan helikopter. Kecelakaan tersebut terjadi di Knik Glacier, timur laut Anchorage. Helikopter itu mengangkut pemain ski yang sedang melakukan tur ke pedalaman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Orang Terkaya di Ceko Tewas dalam Kecelakaan Helikopter di AS",


Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru

Selanjutnya: Menurut CEO Twitter, kebiasaan ini bisa bikin Anda sukses




TERBARU

[X]
×