Sumber: Bloomberg | Editor: Hendra Gunawan
TOKYO. Penjualan Honda Motor Co di China pada tahun 2014 meleset dari target. Produsen kendaraan bermotor yang berbasis di Tokyo, Jepang hanya berhasil menjual mobil sebanyak 788.276 unit atau lebih rendah dari target awal yakni 800.000 unit.
Pengiriman mobil di tahun lalu naik 4,1% dibantu kenaikan 40% pada pengiriman Desember.
Penjualan Honda belum pulih sejak Jepang menasionalisasi sejumlah pulau yang disengketakan di Laut China Timur tahun 2012 lalu. Ditambah lagi, Honda harus menghadapi perlambatan perekonomian China.
Kompetisi dengan pabrikan lain juga membuat penjualan Honda tak selaris sebelumnya. Penjualan mobil sedan, seperti Honda Accord terkikis oleh permintaan sedan merek-merek mewah Jerman. Khusus untuk pengiriman Honda Accord ke China pada tahun 2014 turun 9,2%.
"Di segmen sedan untuk high end, mereka kalah dari merek Jerman," ujar Zhu Bin, analis LMC Automotive Shanghai seperti dilansir Bloomberg.